Kesal Ditanya Soal Harun Masiku, Begini Respon Ketua KPK

Firli Kesal Ditanya Soal Harun Masiku
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri. (Dok: Liputan6.com)

Jakarta – Lantaran terlalu sering ditanya soal perkembangan pencarian buron korupsi Harun Masiku, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri, memberikan jawaban sinis kepada para wartawan.

Firli mengaku kesal wartawan sering bertanya soal keberadaan Harun Masiku yang hingga kini masih buron. Menurutnya, yang dikerjakan KPK bukan hanya mencari Harun Masiku saja. Jadi sebaiknya wartawan mau memberitakan hal lain yang sedang dikerjakan KPK.

“Kok nanyanya cuma Harun Masiku saja? Ada titipan ya? Dititipi ya pertanyaannya ya? Kok kayak enggak ada pertanyaan lain gitu, kan banyak lho yang dikerjakan oleh KPK, bukan hanya itu,” ujar Firli di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu, (8/6/2022).

Firli mejelaskan, saat ini KPK masih mengejar 5 orang DPO. KPK, kata dia, masih berusaha mencari keberadaan para buronan tersebut.

“Orang yang dalam keadaan kondisi daftar pencarian orang, itu bukan hanya Harun Masiku, ada 5 orang dan itu masih ada dalam tahap pencarian kita,” tegasnya.

KPK sebelumnya juga menanggapi pernyataan Masyarakat AntiKorupsi Indonesia (MAKI) yang menilai KPK tak mau berupaya mencari buronan Harun Masiku. Bahkan, MAKI membandingkan aksi KPK dalam mencari Harun dengan M Nazaruddin.

KPK menegaskan, mengejar tersangka yang masuk Daftar Pencarian Orang (DPO) tidak bisa disamakan. Sebab, menurut KPK, setiap pencarian buronan punya tantangan yang berbeda.

“Setiap pencariannya tentu memiliki tantangan dan kompleksitas yang berbeda-beda,” ujar Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara Bidang Penindakan KPK Ali Fikri, Rabu, 1 Juni.

Artikel SebelumnyaPDIP Tantang Ganjar Nyapres Dari Partai Lain
Artikel SelanjutnyaNama Lembaganya Dicatut Begini Reaksi Mantan Jubir HTI