Top Mortar Semen Instan
Home Bisnis Resmi Maju Jadi Cawapres: Ini Deretan Bisnis yang Dimiliki Gibran Rakabuming Raka

Resmi Maju Jadi Cawapres: Ini Deretan Bisnis yang Dimiliki Gibran Rakabuming Raka

0
Resmi Maju Jadi Cawapres: Ini Deretan Bisnis yang Dimiliki Gibran Rakabuming Raka

POJOK BISNIS — Sebelum resmi menjabat sebagai Wali Kota Solo dan sekarang sebagai Calon Wakil Presiden mendampingi Prabowo Subianto, Gibran Rakabuming Raka adalah sosok yang telah lama berkecimpung dalam dunia bisnis.

Sebelumnya Koalisi Indonesia Maju (KIM) telah secara resmi mengusung Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka, sebagai calon Wakil Presiden (Cawapres) yang akan mendampingi Prabowo Subianto dalam Pemilihan Presiden 2024.

Nama Gibran diumumkan setelah pertemuan para ketua umum partai KIM yang mendukung Prabowo Subianto di Kertanegara, pada Minggu malam (22/10).

Prabowo mengumumkan, “Kami telah mencapai kesepakatan final secara konsensus untuk mendukung Prabowo Subianto sebagai Presiden periode 2024-2029, dengan Gibran Rakabuming Raka sebagai Cawapres.”

Pasangan Prabowo-Gibran kemudian melakukan pendaftaran resmi di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta Pusat pada Rabu (25/10/2023). Sebelumnya, mereka juga menyapa pendukung mereka di Indonesia Arena, Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, sebelum berangkat ke KPU.

Pemeriksaan kesehatan di RSPAD menjadi salah satu persyaratan yang harus dilalui oleh pasangan calon Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka setelah mendaftar di KPU pada Kamis (26/10/2023).

Sebelum menjabat sebagai Wali Kota Solo, Gibran dikenal sebagai seorang pengusaha. Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini memiliki sejumlah bisnis yang telah dibangunnya.

Berikut adalah daftar bisnis yang dimiliki oleh Gibran Rakabuming Raka yang masih beroperasi hingga saat ini:

  1. iColor

Gibran mencoba peruntungan dalam bisnis reparasi produk Apple dengan brand iColor. Saat ini, iColor telah memiliki 26 gerai yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia, seperti Jakarta, Depok, Bogor, Bekasi, Surabaya, Semarang, Bandung, Yogyakarta, Solo, dan lainnya.

  1. Mangkokku

Gibran dan adiknya, Kaesang, membuka restoran Mangkokku bersama Chef Arnold Poernomo di Jalan Tanjung Duren Raya, Jakarta Barat. Pada tahun 2020, bisnis ini mendapatkan suntikan modal senilai US$2 juta atau sekitar Rp 28,3 miliar.

  1. Chili Pari

Gibran mendirikan usaha katering bernama Chili Pari pada tahun 2010. Bisnis katering ini telah berjalan cukup lama, dan Gibran menikahi Selvi Ananda pada tahun 2015.

  1. Tugas Negara Bos

Gibran juga terlibat dalam bisnis jas hujan dengan merek “Tugas Negara Bos,” yang dijual secara online. Bisnis jas hujan ini sudah ada sejak tahun 2017 dan merupakan proyek sampingan Gibran bersama teman-temannya.

  1. House of Knowledge

Untuk memberikan pendidikan kepada karyawan di bisnis kateringnya dalam bahasa Inggris, Gibran mendirikan House of Knowledge.

Sementara itu, berikut adalah daftar bisnis Gibran Rakabuming Raka yang telah berhenti beroperasi:

  • Ternakopi

Bisnis ini didirikan bersama Kaesang pada Mei 2019, namun terdampak pandemi Covid-19 dan akhirnya tutup karena kurangnya pelanggan.

  • Goola

Bisnis kuliner yang menjual es doger dalam kemasan. Gibran kemudian menyerahkan bisnis ini kepada Kaesang sebelum menjabat sebagai Wali Kota Solo.

  • Siap Mas

Usaha kuliner dengan merek Siap Mas dan produk minuman seperti Ngedrink serta makanan ringan seperti keripik dengan nama Kemripik, tetapi nampaknya sudah tidak aktif.

  • Madhang

Aplikasi Madhang yang menjembatani ibu-ibu yang mahir memasak dengan pembeli, namun aplikasi ini sudah tidak beroperasi lagi.

Gibran tidak hanya memiliki latar belakang politik yang kuat, tetapi juga telah membangun berbagai bisnis yang berhasil. Dalam dunia bisnis, keberhasilan tidak selalu datang dengan mudah.

Bisnis adalah perjalanan yang penuh tantangan, tetapi juga penuh peluang. Ingatlah untuk tetap berfokus pada visi Anda, beradaptasi dengan perubahan, dan selalu mempelajari hal baru.

Ingatlah bahwa setiap kegagalan adalah pelajaran berharga, dan kesuksesan tidak selalu datang dalam semalam. Untuk pemula yang ingin belajar dalam dunia bisnis, selamat berbisnis dan jangan pernah ragu untuk bermimpi lebih besar.

Exit mobile version