Membangun Masa Depan Unggul dengan Pendidikan Trilingual di TK Pah Tsung

0
547
TK Pah Tsung
Membangun Masa Depan Unggul dengan Pendidikan Trilingual di TK Pah Tsung
Pojok Bisnis

POJOK BISNIS — Pendidikan merupakan fondasi utama dalam pembentukan masa depan anak-anak kita. Di Indonesia, sekolah-sekolah terus berinovasi untuk memberikan pengalaman belajar yang penuh makna dan berorientasi pada perkembangan karakter anak-anak. Salah satu sekolah yang terus melakukan improvisasi di era modern adalah TK Pah Tsung, yang terletak di Cengkareng, Jakarta Barat.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi lebih dalam tentang sekolah ini, metode pengajarannya yang berbeda, fasilitas yang mereka tawarkan, kegiatan ekstrakurikuler, dan dukungan yang mereka berikan untuk perkembangan karakter anak-anak.

Pendidikan Tiga Bahasa

Salah satu yang menarik dari TK Pah Tsung adalah TK ini memberikan pendidikan dalam tiga bahasa atau yang biasa disebut trilingual school. Bahasa Mandarin, Inggris adalah bahasa asing pengantar pembelajaran di TK. Pah Tsung, disamping Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional.

Saat dihubungi Berempat.com Kepala TK Pah Tsung, Ibu Holly Rosalin Madjan, M.Pd.,  menjelaskan bahwa bahasa-bahasa asing tersebut bukan hanya dipakai pada  mata pelajaran khusus bahasa, tetapi juga digunakan sebagai bahasa pengantar sehari-hari di TK. Pah Tsung. Ini berarti bahwa anak-anak menggunakan bahasa-bahasa asing tersebut dalam semua mata pelajaran antara lain, matematika, sains hingga seni. Jadi bahasa asing tersebut sudah terintegrasi dalam semua aspek pembelajaran. Hal ini yang menyebabkan anak-anak  dapat berkomunikasi dalam tiga bahasa sejak usia dini.

Top Mortar gak takut hujan reels

Usia dan Kelas

TK Pah Tsung menerima anak-anak mulai dari usia 3 tahun hingga 6 tahun. Mereka memiliki tiga jenjang yang berbeda, mencakup Kelompok Bermain (Playgroup), Taman Kanak-Kanak A  (Kindergarten 1), dan Taman Kanak-Kanak B (Kindergarten 2). Setiap kelas memiliki jumlah murid yang diatur berdasarkan ratio guru dan murid yang seimbang. Hal Ini untuk memastikan bahwa anak-anak menerima perhatian penuh dari guru-guru mereka.

Fasilitas yang Mendukung Pembelajaran

Fasilitas di TK Pah Tsung sangat lengkap untuk mendukung pembelajaran anak-anak. TK ini memiliki playground indoor dan outdoor dengan permainan yang menarik untuk anak-anak melatih keterampilan motorik mereka dan mengajarkan anak bersosialisasi. Selain itu, ada perpustakaan khusus untuk anak-anak di mana mereka dapat mengeksplorasi dunia literasi.

Di ruang musik, anak-anak dapat belajar tentang beragam jenis alat musik dan berpartisipasi dalam aktivitas musik yang mendidik. Ada juga ruang tari yang digunakan untuk kegiatan ekstrakurikuler seperti modern dance. Kegiatan-kegiatan tersebut dapat membangun kreatifitas dan keseimbangan otak kanan dan kiri. Selan itu juga terdapat lab komputer dengan program yang menarik untuk anak-anak mempelajari teknologi sejak usia  dini.

Salah satu fasilitas yang menonjol adalah lapangan olahraga yang luas. Ini digunakan untuk aktivitas fisik, seperti senam bersama dan berbagai permainan di lapangan terbuka. Lapangan olahraga ini memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk bergerak dan menjaga kesehatan mereka.

Kegiatan Ekstrakurikuler dan Kompetisi

Selain pendidikan tiga bahasa yang kuat, TK Pah Tsung juga menawarkan berbagai kegiatan ekstrakurikuler untuk merangsang minat dan bakat anak-anak. Beberapa kegiatan ekstrakurikuler yang populer yaitu menggambar, modern dance, dan ansambel musik. Kegiatan tersebut memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk mengeksplorasi minat mereka di luar kurikulum akademik.

TK Pah Tsung juga aktif dalam mengikutsertakan anak-anak dalam berbagai kompetisi. Mereka mengikuti kompetisi seperti spelling bee, lomba yang berkaitan dengan Bahasa Mandarin, menggambar dan kompetisi-kompetisi lainnya yang memungkinkan anak-anak untuk mengembangkan keterampilan mereka dan bersaing dengan baik di tingkat yang lebih luas.

Parenting Class dan Dukungan untuk Orang Tua

Sekolah ini tidak hanya berfokus pada pendidikan anak-anak tetapi juga pada dukungan dan kolaborasi dengan orang tua. Mereka mengadakan parenting class atau seminar untuk orang tua. Ini adalah kesempatan bagi orang tua untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang perkembangan anak mereka dan bagaimana mereka dapat mendukung pendidikan anak-anak di rumah.

Harapan untuk Pendidikan di Indonesia

Kepala TK Pah Tsung, Ibu Holly Rosalin Madjan, berbagi harapannya untuk masa depan pendidikan di Indonesia. Menurutnya di era globalisasi anak-anak Indonesia harus memiliki keterampilan bahasa asing yang kuat. Anak-anak juga harus kreatif dan inovatif sehingga mereka dapat menjadi inovator dan pemimpin masa depan. Untuk mewujudkan hal tersebut maka para guru diharapkan terus melakukan inovasi dalam pembelajaran sehingga perilaku inovatif para guru akan menular kepada anak-anak. Selain itu sekolah dan orang tua harus terus bersinergi dalam mendidik anak-anak.

Disamping itu TK. Pah Tsung juga aktif dalam menjalin kerjasama dengan pihak luar. TK ini bekerja sama dengan Puskesmas untuk mendukung program-program kesehatan dari pemerintah, termasuk vaksinasi. Kerjasama dengan klinik kesehatan dan rumah sakit juga dilakukan sehingga anak-anak mendapatkan pemeriksaan  kesehatan secara berkala, termasuk pemeriksaan gigi dan penyuluhan kesehatan. Hal ini sebagai bukti komitmen TK. Pah Tsung untuk mendukung perkembangan fisik dan kesehatan anak-anak.

Saat ini TK Pah Tsung adalah sekolah yang menonjol di Indonesia yang menawarkan pendidikan tiga bahasa yang kuat dan pendidikan karakter. Dengan metode pembelajaran yang inovatif, fasilitas yang lengkap, kegiatan ekstrakurikuler yang beragam, dan dukungan untuk perkembangan karakter anak-anak, sekolah ini memberikan lingkungan yang ideal untuk pertumbuhan dan perkembangan anak-anak. Jika Anda mencari sekolah yang berfokus pada pengembangan keterampilan berbahasa, karakter, dan minat anak-anak, TK Pah Tsung adalah pilihan yang sangat baik.

Tk. Pah Tsung adalah tempat dimana anak-anak dapat tumbuh menjadi individu yang kuat, berpengetahuan, santun, disiplin dan inovatif, serta siap untuk menghadapi tantangan dunia modern.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan