Budidaya Ikan Koi di Mr. J Koi Center: Peternakan Ikan Koi Terbesar di Tangerang

0
520
Ikan Koi Tangerang
Budidaya Ikan Koi di Mr. J Koi Center: Peternakan Ikan Koi Terbesar di Tangerang (Wali Kota Tangerang Berkunjung ke Mr. J Koi Center)
Pojok Bisnis

POJOK BISNIS — Ikan Koi atau Cyprinus rubrofuscus adalah salah satu jenis ikan yang sangat populer dalam dunia budidaya aquarium dan kolam. Ikan yang berasal dari Jepang ini telah menjadi simbol keindahan dan ketenangan dalam budaya Jepang. Bahkan, ikan Koi dikenal sebagai salah satu jenis ikan yang tidak pernah kehilangan daya tariknya dan memiliki penggemar yang tersebar di seluruh dunia. Salah satu farm penghasil ikan koi berkualitas ada di kota Tangerang.

Di Indonesia, budidaya ikan Koi semakin berkembang pesat. Ikan Koi saat ini banyak di ternakkan sebagai ikan hias, dan sudah ada banyak sekali budidaya ikan Koi yang sukses. Salah satu daya tarik utama ikan Koi adalah beragamnya tipe warna dan jenisnya, seperti Kohaku, Sanke, Showa, Tancho, dan masih banyak lagi. Ikan Koi juga dikenal memiliki umur yang cukup panjang, bahkan ada yang mencapai usia hingga 250 tahun.

Pada tahun 2020, saat pandemi Corona melanda dunia, minat terhadap ikan Koi semakin meningkat. Ikan ini tidak hanya dinikmati karena keindahannya, tetapi juga memiliki nilai bisnis yang sangat tinggi. Kontes ikan Koi pun menjadi populer di berbagai tempat.

Unik, Menggunakan Kolam Lumpur!

Salah satu tempat budidaya ikan Koi terbesar di Tangerang yang patut dikunjungi adalah Mr. J Koi Center. Mereka memiliki luas lahan setengah hektar yang terdiri dari kolam-kolam lumpur atau mud pond untuk breeding dan pembesaran ikan Koi. Ini mungkin terdengar tidak biasa, tetapi ikan Koi ternyata dapat tumbuh dengan baik di kolam lumpur.

PT Mitra Mortar indonesia

Ikan Koi dari Mr. J Koi Center terletak di Jalan Sanggego Raya Nomor 11, Tangerang. Mereka memiliki 4 glass pond yang menampilkan berbagai jenis ikan Koi. Harga ikan Koi ukuran sekitar 50 cm di sini dimulai dari 1 juta rupiah. Selain penjualan ikan Koi, Mr. J Koi Center juga menyediakan jasa pembuatan kolam khusus untuk ikan Koi.

Berbagai Layanan di Mr J Koi Center

Tidak hanya menjual berbagai ikan koi lokal maupun impor, di Mr J Koi Center juga tersedia berbagai macam perlengkapan dan obat-obat untuk keperluan ikan hias, serta melayani jasa pembuatan kolam ikan, renovasi ikan dan penitipan ikan. Diluar itu mereka juga menyediakan jasa penitipan ikan, pengobatan ikan dan layanan khusus penanganan ikan untuk keperluan kontes.

Salah satu hal yang menarik adalah penggunaan kolam lumpur atau mud pond di sini. Biasanya, kolam lumpur digunakan untuk budidaya ikan lele, tetapi Mr. J Koi Center menggunakan konsep ini untuk ikan Koi. Hal ini terutama karena pertumbuhan ikan Koi dapat sangat cepat di kolam lumpur berkat nutrisi yang terkandung dalam tanah.

Mr. J Koi Center juga menawarkan ikan Koi dengan kualitas HQ (High Quality) atau kualitas kontes dengan harga yang mencapai 6 juta rupiah. Harga tersebut sepadan dengan kualitas ikan Koi yang mereka tawarkan.

Hasil Pemijahan di Farm Sendiri

Di dalam mud pond indoor, Anda akan menemukan banyak kolam beton yang digunakan untuk pembesaran burayak ikan Koi. Anakan ikan Koi ini merupakan hasil pemijahan di farm ini sebelum mereka disortir berdasarkan ukuran, yaitu sekitar 20-25 cm.

Yang menarik, di kolam ini tidak digunakan filter air seperti yang biasa kita temui di kolam ikan lainnya. Mereka hanya menggunakan aerator dan menerapkan dripping system, sehingga air selalu tergantikan dengan yang baru.

Pada halaman belakang atau di bagian Kolam outdoor yang memiliki luas 2000 meter juga merupakan bagian dari Mr. J Koi Center. Yang membedakan kolam outdoor ini utamanya adalah ukuran ikan koi, di mana ikan Koi di kolam outdoor rata-rata memiliki ukuran mencapai sekitar 50 cm.

Konstruksi kolamnya tidak terlalu rumit, dan setiap kolam dapat menampung maksimal 300 ikan, meskipun sebenarnya bisa lebih banyak. Namun, untuk menjaga pertumbuhan dan kesehatan ikan Koi, sebaiknya satu kolam diisi maksimal 300 ikan.

Kandungan Nutrisi Pada Mud Pond untuk Ikan Koi

Nita, salah satu pemilik Mr. J Koi Center, menjelaskan mengapa mereka memilih kolam lumpur untuk pembesaran dan pembiakan ikan Koi. Ia mengatakan “tanah dalam kolam lumpur mengandung mineral-mineral yang sangat baik untuk pertumbuhan ikan Koi. Namun, jika Anda ingin memelihara ikan Koi di rumah, lebih baik menggunakan kolam beton karena ukurannya yang lebih kecil. ”

Setelah melalui proses pembesaran di mud pond, ikan Koi yang siap panen akan dipindahkan ke display ikan Koi. Di sini, Anda dapat menemukan berbagai jenis ikan Koi impor dengan harga yang masih terjangkau, mulai dari 2 juta hingga 5 jutaan rupiah.

Selain kunjungan langsung ke farm dan gallery mereka, pembeli juga dapat membeli ikan Koi berkualitas melalui beberapa marketplace besar di Indonesia dan melalui media sosial mereka yang memudahkan pembeli untuk mendapatkan ikan Koi impian mereka.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan