Singapura Puncaki Survei Kualitas Hidup Terbaik Negara di Asia, Jakarta Urutan Berapa?

0
883
Panorama di salah satu sudut Jakarta. (Flickr.com/inBaliTimur)

Berempat.com – Mercer kembali merilis survei tahunan bertajuk Survei Kualitas Hidup yang kini sudah masuk ke-21 kalinya. Survei dilakukan Mercer untuk mengetahui bagaimana perkembangan politik, ekonomi, dan lingkungan yang signifikan dapat berpengaruh pada perkembangan bisnis di sebuah negara.

Kali ini, Mercer menemukan bahwa negara-negara di dunia masih menawarkan lingkungan yang menarik untuk melakukan bisnis, dan yang terbaik memahami bahwa kualitas hidup adalah komponen penting dari daya tarik kota untuk bisnis dapat bergerak.

Berdasarkan hasil riset yang dirilis, Wina (Austria) menjadi kota yang memuncaki hasil survei selama 10 tahun berturut-turut. Disusul oleh Zurich (Swiss) di peringkat kedua. Auckland, Munich, dan Vancouver sama-sama menempati peringkat ketiga.

“Perusahaan yang ingin melakukan ekspansi ke luar negeri memiliki sejumlah pertimbangan ketika mengidentifikasi tempat terbaik untuk mencari staf dan kantor baru. Kuncinya adalah data yang relevan, dapat diandalkan, dan pengukuran standar, yang penting bagi pengusaha untuk membuat keputusan penting, mulai dari memutuskan di mana akan mendirikan kantor hingga menentukan cara mendistribusikan, menampung dan membayar tenaga kerja global mereka,” ungkap Mitra Senior dan Presiden bisnis Karir Mercer Ilya Bonic dalam rilis yang diterima di Jakarta, Rabu (13/3).

Untuk kawasan Asia Pasifik sendiri, Singapura menjadi negara dengan peringkat terbaik. Secara ranking dunia, Singapura berada di urutan ke-25. Disusul oleh lima kota di Jepang yakni Tokyo (peringkat dunia ke-49), Kobe (49), Yokohama (55), Osaka (58), dan Nagoya (62). Kemudian Hong Kong (71) dan Seoul (77) yang naik dua tempat tahun ini karena stabilitas politik kembali menyusul penangkapan presidennya tahun lalu.

Sementara Jakarta masih tak beranjak dari peringkat 142 dunia atau peringkat 24 di Asia. Peringkat tersebut masih berada di bawah Kuala Lumpur (85 dunia), Bangkok (133), bahkan Manila (137).

Pemeringkatan ini merupakan data yang dianalisa Mercer selama rentang September-November 2018 dan akan diperbarui secara berkala untuk memperhitungkan keadaan yang berubah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.