Wow, BEI Akan Beri Insentif untuk Pemula yang Investasi Saham!

0
855

Berempat.com – Demi menarik minat pemula untuk berinvestasi saham, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tengah menggodok kebijakan bagi mereka yang ingin berinvestasi saham. OJK menyebut pemula ini sebagai “Junior”, yaitu masyarakat yang belum memiliki KTP agar bisa berinvestasi saham.

Menyambut baik hal tersebut, Bursa Efek Indonesia (BEI) pun bermaksud untuk memberikan insentif bagi para junior.

“Karena itu kan tujuannya untuk mendorong budaya investasi bagi si junior. Misalnya fee transaksinya,” ujar Direktur Pengembangan BEI Hasan Fawzi di Gedung BEI, Jakarta, Selasa (26/2).

Dengan adanya insentif ini, Hasan berharap, nantinya para orangtua bersedia melatih anaknya berinvestasi saham sejak dini. Namun, konsep yang diharapkan muncul bukanlah mengajarkan anak bertransaksi saham, melainkan menabung saham.

“Jadi konsepnya sederhana, bagi orangtua yang mau membuka rekening efek untuk anaknya. Ini untuk jangka panjang, menabung saham, jadi tidak untuk dijual kembali,” paparnya lebih lanjut.

Rencana tersebut masih digodok oleh OJK untuk menyiapkan regulasi agar masyarakat yang belum memiliki KTP bisa membuka rekening efek. Sebagai pengganti KTP, OJK akan memanfaatkan NIK yang sudah dimiliki bayi sejak lahir di Kartu Keluarga.

“Kita sedang lihat untuk memanfaatkan NIK. Setiap bayi lahir. kan sudah punya NIK. Tapi perlu ada pengaturan seperti melindungi investasi anak ini dan hak untuk orangtua,” jelasnya.

Setelah kebijakan junior tersebut rampung di tangan OJK, maka selanjutnya tugas BEI yang akan menyiapkan aturan insentif. Hasan berharap segala aturan tersebut dapat selesai di tahun ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.