Langkah Sederhana Membangun Personal Branding untuk Profesional

0
546
Ilustrasi membangun personal branding. (Pexels.com/Bruce Mars)

Berempat.com – Personal branding merupakan sesuatu yang penting di era digital saat ini. Pasalnya, personal branding yang sukses dapat membawa Anda memiliki banyak relasi dan jaringan. Dua hal itu merupakan hal penting yang mesti dimiliki oleh seorang profesional, tak terkecuali bagi seorang entrepreneur.

Sebab itu, mulai sekarang Anda perlu peduli untuk membangun personal brand dengan baik. Di era digital saat ini, tentu Anda akan lebih mudah untuk membangun hal tersebut. Namun, bukan berarti dapat dilakukan dengan sembarangan. Tetap saja Anda perlu strategi yang tepat.

Anda bisa menggunakan langkah sederhana untuk memulai membangun personal brand Anda secara efektif.

Manfaatkan LinkedIn

Kenapa LinkedIn? Jejaring sosial satu ini memang sudah dikenal sebagai media sosialnya para profesional. Di media sosial ini Anda tak akan menemukan unggahan berupa curhatan patah hati maupun kegiatan pribadi yang dianggap kurang penting.

Di jejaring sosial ini Anda perlu mengunggah banyak hal yang ‘berbobot’ dan sekiranya dapat diterima oleh para profesional. Anda bisa berbagi kisah sukses para milarder dunia, strategi sukses mereka, atau juga memberikan rekomendasi buku-buku sukses.

Di media sosial ini Anda pun perlu melengkapi keterangan di profil Anda selengkap mungkin. Gunakan foto profil dengan pakaian formal. Lengkapi jenjang pendidikan Anda, pengalaman kerja, dan lainnya.

Selain itu, Anda pun perlu aktif terhubung dengan banyak profesional di media sosial ini untuk memperluas koneksi Anda di dunia nyata.

Google My Business (GMB)

Selain LinkedIn, Anda pun bisa memanfaatkan Google My Business (GMB), sebuah platform gratis untuk mengelola kehadiran bisnis online di Google. Dengan memanfaatkan GMB, nama Anda bisa menempati posisi teratas pada hasil mesin pencari Google.

Namun, perlu diingat bahwa Anda perlu mengklasifikasikan diri saat akan mendaftar GMB ini. Klasifikasi yang dimaksud seperti apakah Anda seorang guru, dokter, marketing, CEO, atau pekerjaan apa pun yang memang terbiasa berhubungan langsung dengan orang lain.

Buat Blog atau Web Pribadi

Di era digital memiliki blog atau web pribadi merupakan hal penting untuk bisa membangun personal branding. Pasalnya, blog atau web pribadi sama saja seperti kartu nama atau CV online Anda yang bisa diakses oleh siapa pun dan kapan pun.

Agar mudah dideteksi, usahakan untuk menggunakan nama Anda sendiri sebagai alamat web atau blog Anda. Dan usahakan untuk menggunakan domain .com atau .me. Jangan lupa tentukan fokus Anda pada konten yang akan diisi di situs pribadi Anda tersebut. Misal, jika Anda spesialisasi di marketing, maka isilah konten yang berhubungan dengan teori, kegiatan maupun praktik yang berhubungan dengan marketing. Lalu, tautkan ke semua profil media sosial Anda.

Sekarang, coba lakukanlah tiga langkah di atas untuk bisa membangun personal branding Anda dengan baik. Namun perlu diingat, tak ada cara yang instan untuk mencapai kesuksesan, begitu pun untuk membangun personal branding. Jadi, pastikan Anda harus konsisten untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.