Berbagai Persiapan Telah Dilakukan PT ASDP Jelang Mudik Gratis 2018

0
251

Berempat.com – Salah satu perusahaan yang berada di bawah naungan Kementerian Badan Usaha Miliki Negara (BUMN), PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) telah melakukan berbagai persiapan jelang program Mudik Bareng 2018. Program tersebut adalah program dari BUMN yang memberikan fasilitas mudik gratis bagi masyarakat Indonesia di tahun ini.

“ASDP mendukung penuh inisiasi Kementerian BUMN dalam menggalakkan penggunaan moda transportasi ferry untuk angkutan mudik gratis. Diharapkan ke depannya moda ferry menjadi pilihan utama masyarakat,” ujar Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Ira Puspadewi dalam keterangan resminya, Senin (9/4).

Sejauh ini, sambung Ira, ASDP telah melakukan berbagai persiapan dan langkah antisipasi dalam memastikan keamanan dan kenyamanan para peserta mudik. Untuk berbagai fasilitas umum di terminal penumpang, ASDP telah mempersiapkan klinik, ruang menyusui, arena bermain anak, toilet bersih, anjungan terminal penumpang yang nyaman, musala, hingga area parkir. Sementara untuk fasilitas pendukung lain di atas kapal telah disediakan Warung ASDP yang menjual makanan dan minuman higienis.

Selain itu, ASDP juga memberikan kemudahan dalam pembelian tiket melalui daring yang bisa Anda beli di tiket.indonesiaferry.co.id, atau melakukan alternatif pembelian tiket oleh pengguna jasa di luar area pelabuhan melalui buffer zone di titik potensial.

“Dengan persiapan matang dan kapasitas yang memadai, kami yakin layanan penyeberangan selama mudik Lebaran 2018 dapat berjalan dengan lancar, aman, dan selamat kepada seluruh pengguna jasa,” tutur Ira.

Dalam keterangannya, tahun ini ASDP akan menyediakan sekitar 2.100 kursi bagi peserta mudik gratis di tiga lintasan yang berada di wilayah Indonesia Timur. Pertama di Ternate, dengan rute Bastiong-Rum yang akan tersedia 900 tiket mudik gratis. Kedua di Baubau dengan rute Torobolu-Tampo yang tersedia 600 tiket gratis, dan ketiga di Ambon dengan rute Galala-Namlea yang tersedia 600 tiket mudik gratis.

Hingga hari ini, ASDP juga sudah menjalin sinergi dengan empat BUMN dalam mendukung program mudik gratis. Tercatat, PT Bukit Asam Tbk telah memesan tiket untuk 500 orang pemudik pada lintasan Merak – Bakauheni. Kemudian PT Jasindo (Persero) yang memesan tiket untuk 300 orang pemudik pada lintasan Surabaya-Lembar.

Lalu, PT Antam Tbk yang memesan tiket untuk 500 orang pemudik dan 500 tiket arus balik pada lintasan Bastiong-Rum di Ternate, Maluku Utara. Jumlah tersebut diketahui masih bersifat sementara dan berpotensi meningkat seiring dengan terus bertambahnya jumlah BUMN yang berpartisipasi dalam program mudik gratis ini.

Program mudik gratis bertajuk Mudik Bareng 2018 ini akan dilaksanakan pada 9 Juni 2018 di Parkir Pantai Carnaval Ancol, Jakarta. Program ini akan diikuti oleh 14 perusahaan BUMN. Kementerian BUMN sendiri memasang target minimal peserta di tahun 2018 mencapai 200.000 pemudik. Angka tersebut naik 69,18% dibandingkan realisasi 2017.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.