Appcelerate 2018 Telah Memilih 8 Startup Aplikasi Masuk Inkubasi

0
308
Ilustrasi Startup. (Flickr)

Berempat.com – Appcelerate 2018 telah memilih 8 startup berbasis aplikasi untuk masuk ke dalam tahap inkubasi. Appcelerate sendiri merupakan kompetisi pengembang aplikasi digital yang memiliki nilai bisnis dan inovasi untuk solusi business to business (B2B). Appcelerate adalah kompetisi yang diselenggarakan oleh Lintasarta dan Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan-ITB (LPIK-ITB).

Delapan startup yang berhasil lolos ke tahap inkubasi ini merupakan hasil seleksi yang sudah dilakukan oleh juri dan para ahli pada pertengahan Oktober 2018 lalu. Ke-8 startup yang lolos inkubasi akan mendapatkan bantuan pendanaan awal sebesar Rp 300 juta. Pendanaan tersebut dimaksudkan untuk mengembangkan ide dan purwarupa menjadi sebuah produk akhir yang siap untuk dipasarkan.

“Ini merupakan upaya kita untuk mendorong para pemuda menjadi inovator,” ujar Manajer Komunikasi Lintasarta Suci Andrini di Jakarta, Minggu (28/10).

Dalam program inkubasi sendiri akan melibatkan para mentor dari Lintasarta, LPIK-ITB dan ahli dari berbagai industri.

Adapun delapan startup tersebut yaitu Invest Properti, LokaPoin, Garuda Bikes, Eco Biogas, Plung, S-Mart, Edusoft, dan Abung Parkirin.

Invest Properti merupakan platform “crowd funding” properti yang dapat memudahkan setiap orang untuk berinvestasi properti dengan modal mulai dari satu juta rupiah.

LokaPoin adalah platform pemesanan rumah tamu dan wisata yang telah diverifikasi dan sesuai dengan fitur house-tour video. Untuk Garuda Bikes adalah aplikasi berbagi sepeda yang merupakan kombinasi hardware berupa sepeda, aplikasi berisi peta, hiburan serta sistem berbasiskan web.

Kemudian untuk Eco Biogas adalah startup pengelolaan sampah berbasis teknologi yang menggunakan sensor pada mesin pengolah sampah sehingga dapat menghasilkan biogas. Pada aplikasinya juga terdapat pemantauan suhu, tekanan, dan sistem peringatan keasaman.

Plung adalah platform edukasi yang produknya berupa gratifikasi pembelajaran dengan sistem bergembira dan berhadiah, serta terdapat pemetaan bakat dan rekomendasi subjek. Ada juga Edusoft, platform pendidikan bagi sekolah dan lembaga bimbel.

Kemudian S-Mart yang menawarkan sistem pegudangan untuk warung dan terakhir Abung Parkirin yang merupakan sistem manajemen parkir dengan menggunakan sensor dan aplikasi “booking online” bagi arena publik.

Program inkubasi dijadwalkan berlangsung pada November 2018-Maret 2019, dilanjutkan dengan presentasi final rencana bisnis masing-masing tim yang akan dilaksanakan pada akhir Maret 2019. Tiga tim terbaik berkesempatan untuk memenangkan dana dengan total ratusan juta rupiah yang dapat digunakan untuk mengembangkan bisnis lebih lanjut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.