Pendiri Alibaba Ingin Bangun Jack Ma Institute of Entrepreneurs di Indonesia

0
331

Berempat.com – Pada sebuah kesempatan bincang-bincang di ajang IMF-WB 2018 di Nusa Dua, Bali, Jack Ma mengungkapkan keinginannya untuk membangun sebuah institusi pendidikan di Indonesia. Rencananya, pendiri Alibaba tersebut ingin membangun Jack Ma Institute of Entrepreneurs.

Melalui sekolah tersebut, Jack Ma menargetkan 10 tahun ke depan dapat mencetak 1.000 pemimpin teknologi di Indonesia setiap tahunnya.

“Kami akan memberi banyak kesempatan bagi anak muda Indonesia untuk belajar, misalnya melalui pelatihan bagi 300 pengembang dan insinyur tentang pengelolaan komputasi awan,” jelas Jack Ma di Nusa Dua, Bali, beberapa waktu lalu.

Jack Ma pun menegaskan pentingnya berinvestasi di bidang sumber daya manusia (SDM). Utamanya meningkatkan kompetensi melalui pendidikan. Selain itu, Ma juga menekankan pentingnya mendorong keberanian anak muda untuk berinovasi.

Selain itu, Ma juga menyatakan bahwa Alibaba siap membantu pertumbuhan bisnis di sektor industri kecil dan menengah (IKM) di Indonesia.

“Kami akan membuat Indonesia menjadi masyarakat non-tunai. Dengan demikian, pemerintah bisa lebih efisien dan usaha kecil dan menengah bisa meraup lebih banyak uang,” terang Ma.

Sementara itu, menanggapi pernyataan Jack Ma tersebut Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto pun berharap sekolah itu bisa benar-benar berkontribusi untuk pertumbuhan wirausaha dan SDM di era ekonomi digital.

Sementara itu, terkait materi yang akan diterapkan nantinya pada Jack Ma Institute of Entrepreneurs, Airlangga mengungkapkan bahwa hal tersebut masih disusun. Namun, Airlangga sendiri membocorkan bahwa beberapa materi akan fokus pada pengelolaan komputasi awan, teknologi keuangan, blockchain, termasuk infrastruktur internet.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.