Bimasakti Racing Team Jadi Langkah Kemenparekraf Perkuat Promosi “Wonderful Indonesia” ke Kancah Global

0
254
Bimasakti Racing Team Jadi Langkah Kemenparekraf Perkuat Promosi
Wonderful Indonesia Bimasakti Racing Team Jadi Langkah Kemenparekraf Perkuat Promosi Global (Dok Foto: Kemenparekraf)
Pojok Bisnis

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) melangkah lebih jauh dalam mempromosikan pariwisata Indonesia di pasar global dengan memperkenalkan Wonderful Indonesia Bimasakti Racing Team.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, pada Minggu (14/7/2024), mengungkapkan bahwa tim ini merupakan hasil kolaborasi Kemenparekraf, yang membawa merek “Wonderful Indonesia,” dan Tim Bimasakti UGM yang terdiri dari 50 mahasiswa Universitas Gadjah Mada dari berbagai disiplin ilmu.

Tim ini mengembangkan mobil balap formula yang sering berkompetisi di ajang internasional. Pada tahun ini, Wonderful Indonesia Bimasakti Racing Team akan bersaing dalam Formula Student Spain di Circuit de Barcelona, Catalunya, dari 1 hingga 7 Agustus 2024.

“Saya mengucapkan selamat atas peluncuran Wonderful Indonesia Bimasakti Racing Team yang akan bertanding di Spanyol. Saya juga berterima kasih kepada UGM, ITDC The Mandalika, dan MGPA atas kerjasama yang luar biasa ini,” ujar Menparekraf Sandiaga.

PT Mitra Mortar indonesia

Peluncuran di Sirkuit Internasional Mandalika

Peluncuran tim ini dilakukan pada Sabtu (13/7/2024) di Sirkuit Internasional Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB), dengan kehadiran Direktur Komunikasi Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf, Yohanes De Brito Titus Haridjati; dosen UGM sekaligus pembimbing Wonderful Indonesia Bimasakti Racing Team, I Gusti Bagus Budi Dharma; dan Vice President Operations Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Tri Agung Hartanto.

Dalam sambutannya, Titus Haridjati menegaskan bahwa kolaborasi ini menunjukkan dukungan nyata Kemenparekraf terhadap talenta muda Indonesia yang berprestasi di tingkat internasional, termasuk dalam bidang otomotif. “Tim Bimasakti UGM adalah contoh nyata dari talenta muda Indonesia yang berbakat dan memiliki potensi besar untuk mengharumkan nama bangsa di kancah internasional,” kata Titus.

Kolaborasi ini diyakini akan memperkuat promosi pariwisata Indonesia melalui merek Wonderful Indonesia di pasar global.

“Partisipasi Tim Bimasakti UGM di Formula Student Spain diharapkan dapat memperkenalkan branding Wonderful Indonesia kepada audiens global, serta meningkatkan kesadaran dan minat wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke Indonesia,” tambahnya.

Promosi Pariwisata Melalui Sport Tourism

Titus menjelaskan, peluncuran ini dilakukan di Mandalika, salah satu destinasi wisata super prioritas Indonesia yang dikembangkan sebagai destinasi sport tourism. Keindahan Sirkuit Mandalika yang terletak di pesisir Samudra Hindia semakin menawan dengan sentuhan budaya Nusa Tenggara Barat, yaitu motif sasambo.

Motif tersebut merepresentasikan tiga suku besar di NTB, yaitu Sasak di Lombok, Samawa di Sumbawa, dan Mbojo di Bima. “Livery mobil Bimasakti terinspirasi dari motif tenun sasambo yang menjadi ciri khas sirkuit Mandalika. Sentuhan ini kami berikan untuk mempercantik mobil sehingga memiliki cerita ketika dipresentasikan di Spanyol nanti,” jelas Titus.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan