Akan dihadiri Presiden Jokowi, Pihak Istiqlal Ingatkan Jamaah Datang Lebih Awal untuk Shalat Idul Fitri

0
148
Akan dihadiri Presiden Jokowi, Pihak Istiqlal Ingatkan Jamaah Datang Lebih Awal untuk Shalat Idul Fitri
Akan dihadiri Presiden Jokowi, Pihak Istiqlal Ingatkan Jamaah Datang Lebih Awal untuk Shalat Idul Fitri (Suasana Masjid Istiqlal)
Pojok Bisnis

Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar, mengajak masyarakat untuk datang lebih awal saat ingin melaksanakan shalat Idul Fitri 1445 Hijriah di Masjid Istiqlal Jakarta pada Rabu, 10 April 2024. Pasalnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin direncanakan akan melaksanakan shalat Idul Fitri di sana.

Nasaruddin menyampaikan, “Insyaallah, Bapak Presiden beserta Ibu dan Wapres beserta Ibu, serta pejabat negara lainnya dijadwalkan akan hadir. Kami harap jemaah bisa datang lebih awal, bahkan menyarankan untuk melaksanakan shalat subuh di Masjid Istiqlal.”

Dia juga mengingatkan akan kemungkinan terjebak macet jika datang terlambat ke Masjid Istiqlal, mengacu pada pengalaman tahun sebelumnya di mana banyak orang baru tiba setelah shalat Idul Fitri selesai.

“Jangan sampai terlambat, karena biasanya akses menuju Istiqlal akan macet. Tahun lalu, masih ada yang belum sampai saat shalat berakhir. Saya harap jemaah bisa datang lebih awal,” tambahnya.

PT Mitra Mortar indonesia

Jadwal Sholat dan Khutbah Idul Fitri di Masjid Istiqlal

Shalat Idul Fitri di Masjid Istiqlal dijadwalkan dimulai pukul 07.00 WIB dengan Imam Ahmad Husni Ismail. Sementara itu, Khutbah Idul Fitri akan disampaikan oleh K.H. Abdul A’la Basyir yang juga sebagai Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), dengan tema tahun ini yakni ‘Memperkuat Kebersamaan dalam Menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa’.

Sebelumnya, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana, bersama Wapres Ma’ruf Amin dan pejabat negara, termasuk duta besar negara sahabat, juga akan melaksanakan shalat Idul Fitri di Masjid Istiqlal. Yusuf Permana, Kepala Biro Protokol Sekretariat Presiden, memastikan bahwa berbagai persiapan telah dilakukan agar pelaksanaan shalat Idul Fitri berjalan dengan aman, nyaman, dan khusyuk.

Protokoler Istana juga telah menyiapkan imam shalat dan pengisi ceramah untuk shalat Idul Fitri di Masjid Istiqlal. Menurut Yusuf, beberapa menteri kabinet dan ketua lembaga negara juga dijadwalkan akan melaksanakan shalat Idul Fitri bersama Jokowi-Ma’ruf di sana. Ini menjadi momen Lebaran terakhir Jokowi sebagai presiden, sehingga diharapkan banyak pejabat yang hadir untuk menyaksikan shalat Idul Fitri berjamaah setelah pandemi.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan