Cawapres Mahfud Md Soroti Pentingnya Investasi dan UMKM

0
217
Cawapres Mahfud Md
Cawapres Mahfud Md Soroti Pentingnya Investasi dan UMKM
Pojok Bisnis

Cawapres Mahfud Md menegaskan pentingnya mendukung ekonomi Indonesia melalui investasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Pernyataan tersebut disampaikannya saat menghadiri acara Halaqah Kebangsaan bersama ulama se-Banten di Pondok Pesantren Malnu, Kampung Cileutik, Desa Purwaraja, Kecamatan Menes, Kabupaten Pandeglang, pada Jumat, 1 Desember 2023.

Mahfud Md mengungkapkan rasa syukurnya atas adanya kegiatan ekonomi yang produktif di kalangan masyarakat. Dalam kunjungannya, Mahfud berkesempatan mencoba produk emping menes yang dihasilkan oleh UMKM Desa Purwaraja.

“Kegiatan UMKM ini tentu dapat menjadi penambah penghasilan,” ujar Mahfud seperti yang dikutip dari keterangan tertulis pada Sabtu, 2 Desember 2023.

Dalam kesempatan tersebut, Mahfud, yang berpasangan dengan Ganjar Pranowo, berkomitmen untuk meluncurkan program khusus yang akan memberikan dukungan kepada UMKM.

Top Mortar Semen Instan

“UMKM harus terus berkembang dan produktif, dengan penyaluran dana yang lebih merata dan memberikan manfaat bagi usaha masyarakat di tingkat bawah,” tambahnya.

Pentingnya Pertumbuhan Ekonomi

Sebelumnya, Ganjar Pranowo menyatakan target pertumbuhan ekonomi hingga 7 persen jika berhasil memenangkan Pilpres 2024. Pertumbuhan ekonomi sebesar itu dianggap penting agar Indonesia tidak terjebak sebagai negara dengan pendapatan menengah saja.

“Pertumbuhan ekonomi 7 persen per tahun adalah target kita. Kita harus menghindari middle income trap,” ucap Ganjar dalam acara Sarasehan 100 Ekonom Indonesia di Jakarta Selatan pada Rabu, 8 November 2023.

Ganjar dan Mahfud menegaskan visi mereka dalam dokumen “Visi dan Misi Capres & Cawapres Ganjar Pranowo & Mahfud Md 2024-2029.” Mereka berencana menggunakan strategi inklusif untuk keluar dari middle income trap, dengan meningkatkan peran koperasi dan UMKM, mendukung usaha baru di seluruh Indonesia, memanfaatkan infrastruktur, ekonomi digital, pengelolaan ekonomi hijau-biru, dan meningkatkan pertumbuhan industri manufaktur sebesar 7,5-8 persen.

Selain itu, pasangan ini akan mengoptimalkan Kawasan Ekonomi Khusus untuk mempercepat industrialisasi dan investasi, mendukung pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan.

Sri Mulyani, seorang ekonom yang turut berbicara dalam acara tersebut, memperingatkan bahwa tidak semua negara mampu terus maju secara ekonomi. Dengan mayoritas negara berada dalam kategori pendapatan rendah atau menengah, strategi yang diusung oleh Ganjar dan Mahfud diharapkan dapat membawa Indonesia keluar dari middle income trap. Pasangan ini, yang diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Hanura, dan Partai Perindo, merupakana pasangan nomor urut 3 dalam Pilpres 2024.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan