BEI Pantau Saham Mahaka Media yang Naik Dua Kali Lipat Dalam 5 Hari

0
447
PT Mahaka Media Tbk. (ABBA). (Republika/Adhi Wicaksono)

Berempat.com – Semenjak Erick Thohir didaulat sebagai Ketua Tim Kampanye pasangan calon Presiden Jokowi-Ma’ruf Amin, harga saham salah satu perusahaan yang dipegangnya mengalami peningkatan yang signifikan dalam 5 hari. Ialah PT Mahaka Media Tbk. (ABBA) yang harga sahamnya pada hari ini, Jumat (14/9), naik 29 poin atau 23,97% menjadi Rp 150 per saham.

Menurut keterangan Bursa Efek Indonesia (BEI), saham ABBA naik sampai dua kali lipat hanya dalam lima hari. Sebelumnya, harga saham ABBA boleh dikatakan tak membanggakan, yakni hanya Rp 50 per saham. Nilai tersebut bertahan dari Juli 2018 sampai dengan 7 September 2018 kemarin.

BEI pun menilai bahwa telah terjadi peningkatan aktivitas saham di luar kebiasaan (Unusual Market Activity/UMA) pada perusahaan yang membawahi media Republika tersebut. Sehingga BEI menyatakan sedang memantau ketat perdagangan saham ABBA.

“Sehubungan dengan terjadinya UMA atas saham ABBAI tersebut, perlu kami sampaikan bahwa Bursa saat ini sedang mencermati perkembangan pola transaksi saham ini,” ujar P.H. Kadiv. Pengawasan transaksi BEI Endra Febri Styawan dalam keterangan tertulisnya, Jumat  (14/9).

Endra pun meminta kepada para investor agar mau memerhatikan jawaban Perseroan atas permintaan konfirmasi Bursa. Endra meminta Investor untuk mencermati kinerja ABBA dan keterbukaan informasinya. Setelah itu, investor perlu mengkaji kembali rencana aksi korporasi yang belum mendapatkan persetujuan RUPS tersebut.

“Investor juga harus mempertimbangkan berbagai kemungkinan yang dapat timbul di kemudian hari sebelum melakukan pengambilan keputusan investasi,” jelas Endra.

Namun, Endra menegaskan bahwa dengan keluarnya pernyataan ini tak berarti menunjukkan adanya pelanggaran yang dilakukan oleh perusahaan milik Erick Thohir tersebut terhadap peraturan perundang–undangan di bidang Pasar Modal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.