Menteri Keuangan Bahas Pentingnya LPDP dalam Mewujudkan Mimpi Anak Indonesia

0
378
Pentingnya LPDP
Menteri Keuangan Bahas Pentingnya LPDP dalam Mewujudkan Mimpi Anak Indonesia
Pojok Bisnis

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, menekankan pentingnya Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) yang telah dihadirkan oleh Pemerintah untuk mewujudkan impian generasi muda Indonesia. Pernyataan ini disampaikan dalam Acara Puncak LPDP Festival 2023 yang mengusung tema “Menghidupkan Indonesia, Membangun Negeri.”

Menkeu menyatakan bahwa pentingnya LPDP adalah instrumen krusial dalam mewujudkan mimpi bagi para putra-putri Indonesia yang memiliki ambisi tinggi. Mereka dihadapkan pada berbagai tantangan, namun semangat kompetitif mereka sangat tinggi. Mereka berprestasi dan berusaha keras untuk mendapatkan beasiswa di universitas-universitas terkemuka di seluruh dunia, dan menekuni bidang yang menjadi impian mereka.

Program beasiswa yang disediakan oleh LPDP terbuka bagi seluruh anak bangsa di tanah air, melalui program afirmasi. Anak-anak Indonesia dari daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T) memiliki kesempatan yang sama untuk mengejar mimpi mereka.

Menkeu juga menegaskan bahwa LPDP memberikan dukungan khusus kepada siswa-siswa muda dari daerah 3T. Hal ini menunjukkan komitmen untuk memberikan kesempatan kepada seluruh anak Indonesia, di mana pun mereka berada, untuk memiliki impian dan berjuang mewujudkannya.

PT Mitra Mortar indonesia

Selain itu, Menkeu menjelaskan bahwa dana yang dikelola oleh LPDP terus meningkat dari saat lembaga ini didirikan 11 tahun lalu. LPDP awalnya beroperasi dengan dana sebesar Rp1 triliun, namun kini dana tersebut telah mencapai Rp139,1 triliun. Dana tersebut telah digunakan untuk memberikan lebih dari 200 ribu beasiswa, serta mendanai sebanyak 2.426 proyek riset.

LPDP juga berperan dalam bidang hilirisasi dengan mengirimkan sumber daya manusia (SDM) ke universitas-universitas terbaik. Melalui kerja sama government-to-government (G2G), Pemerintah Indonesia bekerja sama dengan Republik Rakyat Tiongkok (RRT) dalam program co-funding untuk mendidik tenaga ahli di bidang metalogi, nikel, dan kobalt guna mendukung ekosistem mobil listrik dan baterai. Kerja sama serupa juga dilakukan dengan Pemerintah Belanda dan Singapura dalam bidang maritim, pertanian, dan kewirausahaan, yang merupakan prioritas nasional.

Menkeu menyampaikan rasa terima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh Presiden kepada generasi muda Indonesia. Mereka adalah harapan dalam meneruskan cita-cita untuk membangun, memperbaiki, dan menjaga Indonesia agar menjadi lebih baik di masa depan.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan