Perkuat Lini Keuangan Digital di Vietnam, Grab Gandeng Perusahaan Ini

0
299

Berempat.com – Perusahaan penyedia layanan transportasi daring asal Malaysia, Grab kian serius menguatkan lini keuangan digital pada aplikasinya di kawasan Asia Tenggara. Kali ini, Grab memilih untuk menggandeng perusahaan Vietnam, MOCA Technology and Service (Moca) sebagai partner untuk menguasai keuangan digital di kawasan Asia Tenggara.

“Teknologi dan solusi mereka (Moca) sangat bagus, dan bila disinergikan dengan keahlian tim Grab dapat benar-benar menggerakkan Vietnam menuju ekonomi tanpa uang tunai,” ungkap Co-founder Grab Tan Hooi Ling dalam konferensi pers sebagaimana dilansir dari Reuters, Selasa (11/9).

Teknologi pembayaran digital dan jasa keuangan memang menjadi fokus bagi Grab. Di Indonesia sendiri, Grab sudah menggandeng beberapa perusahaan untuk memperkuat lini keuangan digitalnya, salah satunya adalah OVO. Selain Grab, Go-Jek juga turut memperkuat lini tersebut dengan salah satunya misinya yang ingin menjadikan Go-Pay sebagai sistem pembayaran daring terpisah dengan aplikasi Go-Jek.

Sementara itu, di Vietnam sendiri teknologi keuangan seperti ini sangat dibutuhkan masyarakatnya. Pasalnya, masih banyak penduduk Vietnam yang tak memiliki rekening bank. Di sisi lain, kita sudah memasuki sistem pembayaran yang serba digital.

Kepala Grab Finansial Grup Vietnam Nguyen Tuan Anh pun menyatakan, kolaborasi strategis dengan Moca merupakan sebuah tonggak penting bagi pertumbuhan Grab di Vietnam. Saat ini, Grab sudah memiliki 175.000 pengemudi di Vietnam. Di samping itu, Go-Jek sudah menjamah Vietnam dan menjadi salah satu pesaing kuat karena mampu tumbuh pesat.

Moca sendiri merupakan perusahaan yang sudah mendapatkan lisensi untuk layanan pembayaran oleh bank negara Vietnam pada 2016. Co-founder dan Chief Executive of Moca Tran Thanh Nam menyebut bahwa pihaknya telah memiliki jaringan 11 bank lokal sebagai mitra layanan mereka.

Namun, sayangnya baik Grab maupun Moca tidak merincian lebih lanjut terkait peran masing-masing dalam kemitraan tersebut. Yang jelas, keduanya berharap dapat meluncurkan layanan tersebut pada Oktober ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.