DPUPR Kabupaten Penajam Paser Utara Menyelenggarakan Sertifikasi Untuk Tenaga Ahli Muda Tingkat Tujuh

0
1142
DPUPR
DPUPR Kabupaten Penajam Paser Utara Menyelenggarakan Sertifikasi Untuk Tenaga Ahli Muda Tingkat Tujuh
Pojok Bisnis

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) menyelenggarakan pelatihan dan sertifikasi tenaga kerja konstruksi ahli muda tingkat tujuh di bidang Teknik Bangunan Gedung, Teknik Jalan, dan Manajemen Konstruksi pada tahun 2023. Kegiatan ini dilaksanakan di Meeting Room Hotel Aqila pada hari Senin (8/5/2023) dan berlangsung selama tiga hari pelatihan dan satu hari sertifikasi. Pelatihan serupa juga dilaksanakan secara serentak di tiga kabupaten/kota lainnya, yaitu Kutai Kartanegara, Samarinda, dan Penajam Paser Utara.

Acara tersebut dihadiri oleh beberapa pejabat, antara lain Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Kutai Kartanegara, Totok Heru Subroto, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Rakyat (DPUPR) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Aji Muhammad Fitra Firnanda, Kepala Bidang Bina Konstruksi DPUPR dan PERA Kaltim, Sri Rejeki, serta peserta pelatihan.

Sekretaris Dinas PUPR Kabupaten Penajam Paser Utara, Safwana, yang mewakili Bupati PPU, menjelaskan pentingnya sertifikasi kompetensi bagi tenaga kerja di sektor konstruksi sesuai dengan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi dan Peraturan Pemerintah Nomor 14 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Jasa Konstruksi. Dari total 100.000 tenaga kerja konstruksi di Kalimantan Timur (Kaltim), saat ini hanya 35.000 orang atau sekitar 35% yang telah memperoleh sertifikasi kompetensi. Hal ini menunjukkan bahwa masih terdapat 65.000 (65%) pekerja yang belum memiliki sertifikat kompetensi, dan hal ini menjadi tantangan bersama untuk memenuhi persyaratan tersebut.

Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh 90 peserta dari berbagai instansi di Kabupaten Penajam Paser Utara dan penyedia jasa konstruksi, seperti kontraktor dan konsultan. Dalam pelatihan tersebut, para peserta terbagi menjadi tiga kelas jabatan kerja, yakni ahli muda teknik bangunan gedung, ahli muda teknik jalan, serta ahli muda manajemen konstruksi. Safwana mengharapkan partisipasi sepenuh hati dari setiap peserta dalam mengikuti pelatihan dan sertifikasi ini, dengan tujuan untuk memberikan manfaat maksimal bagi pembangunan daerah.

PT Mitra Mortar indonesia

Safwana juga menjelaskan bahwa kegiatan pelatihan tenaga ahli ini merupakan hasil kerja sama antara pemerintah kabupaten/kota dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dalam upaya mengatasi kesenjangan tersebut. Ia berharap dengan adanya pelatihan ini, tenaga kerja konstruksi yang memiliki kualifikasi ahli di Kabupaten Penajam Paser Utara dapat berkontribusi dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara dan pembangunan di Serambi Nusantara, khususnya di Kabupaten Penajam Paser Utara.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan