Tiga Rute Kereta Api dalam Mudik Motor Gratis

0
328
(Dok: Antara)
Pojok Bisnis

Jakarta – Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) kembali menyelenggarakan program mudik motor gratis (Motis) pada masa angkutan Lebaran 2023. DJKA menawarkan tiga rute perjalanan kereta api dalam program mudik motor gratis (Motis) pada masa angkutan Lebaran 2023.

“Tiga lintasan yang kami tawarkan ada lintas utara, tengah, dan selatan,” kata Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api DJKA Kemenhub Djarot Tri Wardhono dalam diskusi “Pengembangan Stasiun Manggarai dan Program Motis 2023” di Gedung Kemenhub, Jakarta, Senin (20/2).

Adapun rute lintas utara ialah Cilegon-Semarang Tawang melewati Stasiun Cilegon, Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Pasar Senen, Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Tegal, Stasiun Pekalongan, dan Stasiun Semarang Tawang.

“Ada yang berbeda di tahun ini kami akan menarik penumpang dari Cilegon, dari Cilegon kami tarik harapannya pemotor dari Cilegon dan sekitarnya, dari Merak dan sekitarnya bisa ketarik. Bahkan mungkin kalau dia naik dari seberang dari Sumatera dia naik kapal ferry dia bisa mengangkut motornya dengan kereta api. Jadi, tujuannya nanti bisa ke Semarang Tawang untuk lintas utara,” kata Djarot.

PT Mitra Mortar indonesia

Berikutnya, lintas tengah dengan rute Jakarta Gudang-Purwosari melewati Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Pasar Senen, Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Purwokerto, Stasiun Kroya, Stasiun Kutoarjo, Stasiun Lempuyangan, dan Stasiun Purwosari.

“Kalau dilihat dari data tahun-tahun sebelumnya itu, Kutoarjo itu merupakan tujuan favorit. Jadi, sekitar 50 persen dari pemudik motor itu mengirim motornya itu di Kutoarjo,” ujar Djarot.

Kemudian, lintas selatan melayani rute Kiaracondong-Purwosari melewati Stasiun Kiaracondong, Stasiun Tasikmalaya, Stasiun Sidareja, Stasiun Kroya, Stasiun Gombong, Stasiun Kutoarjo, Stasiun Lempuyangan, dan Stasiun Purwosari.

“Cukup banyak pemotor yang mengantarkan sepeda motor ke tiga tujuan, jadi dari Bandung Ke Kutoarjo, Lempuyangan, Purwosari,” tuturnya.

Sementara tarif angkutan kereta api untuk lintas Cilegon-Pasar Senen-Semarang Tawang, yakni Rp10.000 per orang untuk jarak 330 kilometer (km) dan Rp20.000 per orang untuk jarak lebih dari 330 km.

Untuk lintas Pasar Senen-Purwosari dikenakan tarif Rp10.000 per orang untuk jarak 480 kilometer dan Rp20.000 per orang untuk jarak lebih dari 480 km.

Lalu, untuk lintas Kiaracondong-Purwosari juga dikenakan tarif Rp10.000 per orang untuk jarak 280 km dan Rp20.000 per orang untuk jarak lebih dari 280 km.

Adapun program Motis 2023 berbeda dibanding dari tahun-tahun sebelumnya di mana kereta penumpang akan dirangkaikan langsung dengan rangkaian kereta barang yang mengangkut motor penumpang tersebut.

Program Motis 2023 diselenggarakan pada 11-20 April untuk arus mudik dan 25 April-4 Mei untuk arus balik.

Kemenhub menyediakan kapasitas angkut sepeda motor sebanyak 10.440 motor. Sementara, jumlah penumpang sebanyak 46.720 orang

Pendaftaran dibuka mulai 1 Maret-3 Mei 2023. Adapun persyaratan mendaftar, yakni KTP, SIM yang berlaku, Kartu Keluarga, dan STNK; besaran motor maksimal 200 cc serta mendaftar melalui mudikgratis.dephub.go.id yang dilanjutkan dengan verifikasi langsung di stasiun yang ditunjuk.

Tujuan diselenggarakan program Motis tersebut agar jumlah kendaraan roda dua dan angka kecelakaan di jalan saat mudik Lebaran dapat ditekan.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan