22 Warga DKI Dilatih Konversi Motor Listrik

0
406
(Dok: esdm.go.id)
Pojok Bisnis

Jakarta – Sebanyak 22 (dua puluh dua) orang warga DKI Jakarta mengikuti pelatihan teknis konversi sepeda motor BBM menjadi sepeda motor listrik di Kampus Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia, Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE) Kementerian ESDM, Jakarta, 24-31 Januari 2023.

Pelatihan teknis tersebut merupakan pelatihan angkatan I yang diselenggarakan hasil kerja sama antara PPSDM KEBTKE dengan Balai Besar Survei dan Pengujian (BBSP) KEBTKE.

“Penggunaan kendaraan pribadi menjadi salah satu penyumbang konsumsi bahan bakar fosil yang meningkatkan emisi dan memberikan pengaruh buruk bagi kesehatan dan lingkungan,” ujar Kepala PPSDM KEBTKE, Susetyo Edi Prabowo, membuka pelatihan tersebut di Jakarta (24/1).

Oleh karena itu, lanjut Susetyo, dibuatlah kebijakan transisi energi, yakni menggantikan penggunaan sumber energi fosil menjadi sumber energi baru dan terbarukan secara bertahap, dengan target 23% penggunaan energi baru dan terbarukan pada tahun 2025.

PT Mitra Mortar indonesia

Hal itu didorong pula oleh komitmen Indonesia untuk mengurangi emisi hingga 29% pada tahun 2030. Salah satu misi dari capaian transisi energi ini adalah peralihan dari kendaraan berbahan bakar BBM menuju penggunaan kendaraan listrik.

“Sepeda motor menjadi salah satu target dari konversi penggunaan kendaraan listrik, mengingat sepeda motor merupakan andalan mobilitas masyarakat indonesia karena aksesibilitas dan keterjangkauannya. Sepeda motor BBM konvensional dapat dikonversi menjadi sepeda motor listrik, namun dengan tetap mengedepankan performa serta kualitas sehingga layak untuk dipakai sehari hari,” ungkapnya.

Dalam rangka menyukseskan program konversi sepeda motor listrik, Kementerian ESDM melaksanaan pelatihan Konversi Sepeda Motor BBM menjadi Sepeda Motor Listrik ini. “Diharapkan rangkaian kegiatan ini dapat menghasilkan sumber daya manusia yang andal dalam melaksanakan kegiatan konversi sepeda motor BBM menjadi sepeda motor listrik,” tandas Susetyo.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan