4.000 Warga Hadiri upacara HUT ke-77 RI

(Dok: antara)

Jakarta – Sebanyak 4.000 warga yang menjadi tamu undangan negara untuk mengikuti upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta Pusat.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Latif Usman saat memimpin apel dan pengarahan pasukan di kawasan silang barat Monas, Rabu, mengatakan warga undangan sudah mulai berdatangan sejak pagi menggunakan bus dan mobil pribadi pukul 05.00 WIB.

Untuk menjaga kelancaran arus lalu lintas, Dirlantas Polda Metro Jaya meminta ratusan personel satuan lalu lintas unit patroli dan parkir (rolakir) untuk mengarahkan para tamu undangan memarkir kendaraan mereka di sejumlah titik.

“4.000 warga masyarakat yang mendaftar melalui online dan sudah disetujui, parkirnya nanti ada di silang barat daya Monas, silang tenggara yang di Stasiun Gambir, kemudian Cawan Selatan yang berhadap-hadapan dengan Balai Kota. Jadi tugas kami lah yang mengatur rute, lalu lintas, dan parkirnya,” kata Latif.

Kendaraan yang membawa tamu undangan dari masyarakat dapat turun di kawasan Istana Merdeka, lalu mobil beranjak ke tempat parkir yang disediakan.

Namun undangan terbatas, kurang lebih 4.000 orang pada pagi hari dan 4.000 orang di sore hari. Ditambah penyelenggaraan secara virtual.

Polisi menerapkan rekayasa lalu lintas di sekitar Istana Merdeka. Berdasarkan keterangan dari kepolisian pada Rabu bahwa rekayasa lalu lintas mulai diterapkan di Jalan Merdeka Utara, Jalan Merdeka Barat, Jalan Majapahit dan Jalan Veteran III pada pukul 07.00 WIB.

Jalan ditutup dengan pembatas jalan, sehingga kendaraan tidak dapat melintasi Jalan Medan Merdeka Utara di depan Istana Merdeka.

Sedangkan kendaraan dari arah Jalan Gajah Mada dibelokkan menuju Jalan Juanda.

Artikel SebelumnyaIndonesia – Brunei Jajaki Kerjasama Bidang Pariwisata
Artikel SelanjutnyaTraveloka Buka Program Internship