Geowisata Batu Angus Ternate Diusulkan Menjadi Geopark

(Dok: kemenparekraf.ho.id)

Ternate – Geowisata Batu Angus di Ternate diusulkan menjadi geopark nasional. Objek wisata yang berjarak sekitar 10 kilometer dari Kota Ternate, Maluku Utara ini menghadirkan fenomena alam yang luar biasa hebat.

Objek wisata Batu Angus merupakan hamparan batu yang terlihat seperti hangus terbakar. Kita bisa melihat langsung hamparan batuan yang hangus mirip stalaktit hitam tersebut membentang dari kaki Gunung Gamalama hingga ke pantai.

Munculnya Batu Angus di Ternate berasal dari tumpukan bebatuan dari lahar beku yang mengarah ke laut akibat letusan Gunung Gamalama 1673 silam.

Memiliki proses yang cukup panjang, konon fenomena alam lelehan lava akibat letusan Gunung Gamalama sudah terjadi sejak 1737, yang kemudian membentuk Batu Angus di Kubala. Mamasuki 1763 terbentuk Batu Angus di Tubo Turaga, lalu pada 1907 membentuk Batu Angus di antara belakang Bandara Sultan Babullah hingga Tarau, Kecamatan Ternate Utara.

Batu Angus di Ternate memiliki kepadatan tinggi, bertekstur kasar, dan memiliki bentuk yang tidak beraturan.

Sukses menarik perhatian wisatawan dan dinilai memiliki potensi yang luar biasa, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mendukung pengembangan geowisata Batu Angus menjadi geopark nasional di Ternate.

Dalam upaya menjadikan geowisata Batu Angus Ternate sebagai geopark tentu harus mengedepankan konservasi dan edukasi. Selain itu, geowisata Batu Angus juga harus mengedepankan prinsip ekonomi dan budaya, termasuk juga bagi flora dan fauna endemik di dalamnya.

Tidak hanya sampai di situ, wilayah yang diusulkan menjadi geopark juga harus memenuhi syarat: menjadi sarana pengenalan bumi, sebagai kawasan lindung warisan bumi, tempat pengembangan geowisata, sebagai sarana kerja sama yang efektif dan efisien bagi masyarakat lokal, serta menjadi tempat implementasi aneka ilmu pengetahuan dan teknologi.

Dengan begitu, diharapkan menjadikan geowisata Batu Angus Ternate sebagai geopark nasional dapat sekaligus melestarikan lingkungan, konservasi, edukasi, dan mensejahterakan masyarakat setempat.