Indonesia Juara Umum Singapore Open 2022

(Dok: instagram/@badminton.ina)

Jakarta – Timnas bulu tangkis Indonesia menjadi juara umum pada ajang Singapore Open 2022 dengan total menyabet tiga gelar juara dan satu runner-up, Minggu (17/7).

Tiga gelar diraih masing-masing oleh ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti, tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting, serta ganda putra Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, sedangkan runner-up diraih Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang kalah dalam laga All Indonesian Final kontra Leo/Daniel.

Ginting yang tampil di partai penutup menjadi pemain yang membuktikan dominasi Skuad Merah Putih pada ajang BWF Super 500 ini. Lewat laga ketat, Ginting meredam perlawanan Kodai Naraoka dalam dua gim langsung.

“Kemenangan ini juga pastinya menjadi salah satu momen terbaik, karena beberapa bulan terakhir ini atau mungkin dari akhir tahun sampai terakhir sebelum Thomas Cup, memang dari performa dan hasil pertandingan saya kurang baik,” kata Ginting lewat laporan resmi PP PBSI di Jakarta.

Ginting yang sudah melalui masa sulit dalam setengah tahun terakhir bahkan sampai membanting raketnya pada akhir pertandingan untuk meluapkan emosi atas kemenangannya.

Penantian panjang setelah terakhir kali naik podium di Indonesia Masters 2020, ditambah perjuangan tanpa lelah yang dilakoni Ginting akhirnya berbuah manis.

“Saya bersyukur dengan segala kerja keras dan juga kepercayaan dari pelatih, dari PBSI, dan semuanya teman-teman dan keluarga juga yang terus mendukung. Sampai akhirnya saya bisa menjadi juara. Pastinya, kemenangan ini sebagai hadiah buat semuanya,” ujar Ginting.

Tak lupa pebulu tangkis asal Cimahi, Jawa Barat ini menghaturkan terima kasih kepada penonton di Singapore Indoor Stadium yang terus mendukung dan menjadi saksi kemenangannya.

“Saya berterima kasih karena selama satu minggu ini merasa seperti bermain di rumah sendiri. Tentunya karena dukungan dari teman-teman dan penggemar yang sudah rela mendukung, datang ke stadium ini untuk menonton dan mendukung. Sekali lagi saya sampaikan terima kasih,” tutur Ginting.

Ganda putra Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin menuai prestasi gelar juara perdana seri BWF World Tour dari Singapore Open 2022, Minggu.

“Ya alhamdulillah bisa menang. Kemenangan ini tentu akan lebih memotivasi kami ke depannya. Saya tidak boleh cepat puas dengan kemenangan pertama di world tour ini,” ujar Leo seperti dilansir PP PBSI di Jakarta.

Pasangan berjuluk The Babies itu mengukir sejarah dalam perjalanan kariernya, lewat gelar juara yang dipetik setelah mengalahkan seniornya, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dengan skor 9-21, 21-14, 21-16.

Pada laga ketat yang berlangsung selama 52 menit itu, Leo/Daniel mampu membuktikan kerja keras mereka. Meski sempat tertinggal pada gim pertama, permainan mereka lebih konsisten pada gim kedua dan ketiga.

Bahkan Leo yang masih menahan rasa sakit pada pinggangnya, mampu berjuang maksimal demi membayar keputusan mereka yang terpaksa absen dari dua turnamen sebelumnya di Malaysia.

“Tadi memang sejak gim pertama, pinggang saya bermasalah lagi. Tapi saya tetap paksa untuk meneruskan bertanding. Karena sudah tanggung dan ini laga final. Apalagi, Daniel juga siap membantu tadi,” ucap Leo.

Daniel pun turut memperhatikan perkembangan kesehatan rekan mainnya, dan tak segan memastikan kesiapan bertanding.

“Sejak awal kan Leo sedang mengalami cedera, jadi ini pertandingan pertama. Tadi sempat saya tanya Leo, mau terus atau berhenti. Tapi Leo bilang terus, ya kami paksakan terus bertanding. Kami gantian mengatur tempo. Sementara Leo saya minta bermain aman saja,” sebut Daniel.

Berikut hasil pertandingan babak final Singapore Open 2022:

Tunggal putri
Pusarla V. Sindhu (India) vs Wang Zhi Yi (China) 21-9, 11-21, 21-15

Ganda campuran
Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai (Thailand) vs Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping (China) 21-12, 21-17

Ganda putri
Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti vs Zhang Shu Xian/Zheng Yu (China) 21-14, 21-17

Ganda putra (All Indonesian Final)
Fajar Alvian/Muhammad Rian Ardianto vs Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin 21-9, 14-21, 16-21

Tunggal putra
Anthony Sinisuka Ginting vs Kodai Naraoka (Jepang) 23-21, 21-17.

Artikel SebelumnyaJakarta Fair 2022 Capai Omzet 7,3 Triliun
Artikel SelanjutnyaPendaftaran Program Sertifikasi Halal Gratis Resmi Ditutup