Penyalin Cahaya, Film Indonesia Tayang Perdana Di FFIB Korea

0
8

Busan – Film Indonesia, Penyalin Cahaya ditayangkan perdana secara internasional pada 8 Oktober 2021 di Festival Film Internasional Busan 2021. Salah satu festival film terbesar di Asia tersebut akan diselenggarakan pada tanggal 6-15 Oktober 2021 di Busan, Korea Selatan.

Film ini juga akan berkompetisi di program kompetisi utama bernama ‘New Currents’, yang merupakan satu-satunya program kompetisi internasional film panjang di Festival Film Internasional Busan.

Penyalin Cahaya (bahasa Inggris: Photocopier) adalah film drama misteri kriminal Indonesia tahun 2021 produksi kerja sama Rekata Studio dan Kaninga Pictures yang disutradarai oleh Wregas Bhanuteja.

Film ini juga merupakan film panjang pertama Wregas sebagai sutradara serta Shenina Cinnamon sebagai pemeran utama, di mana ia memerankan tokoh bernama Sur.

Selain Shenina Cinnamon, film ini juga dibintangi oleh Chicco Kurniawan, Lutesha, Jerome Kurnia, Dea Panendra, dan Giulio Parengkuan.

Film berdurasi130 menit berkisah tentang seorang sarjana universitas tahun pertama, Sur, pergi ke pesta untuk pertama kali dalam hidupnya untuk merayakan pencapaian Mata Hari, grup teater universitas tempat Sur menjadi sukarelawan sebagai perancang web.

Hidup benar-benar berubah untuk Sur setelah dia bangun keesokan paginya. Dia kehilangan beasiswa dan diusir oleh keluarganya setelah selfie-nya beredar secara online.

Khawatir bahwa dia mungkin menjadi bahan lelucon oleh anggota senior Mata Hari, Sur mencari bantuan dari teman masa kecilnya, Amin, yang bekerja dan tinggal di toko fotokopi dekat kampus. Bersama-sama, di toko, mereka mencoba menemukan kebenaran tentang selfie dan tentang malam di pesta dengan meretas ponsel siswa.

Poster film ini diunggah pada 1 September 2021 untuk penayangan di Busan International Film Festival 2021. Trailer resmi yang berdurasi 2 menit telah diunggah di kanal youtube Rekata Studio pada 7 Oktober 2021.

Penyalin Cahaya juga masuk ke dalam nominasi di Festival Film Indonesia hampir di semua kategori.