Kampus Daerah Berprestasi harus Didukung untuk Tingkatkan Daya Saing

0
13
(Dok: wikipedia)

Kerawang – Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA), salah satu perguruan tinggi negeri provinsi Jawa Barat, mencatat prestasi di tingkat nasional. Pada 2020 lalu, UNSIKA mampu menaikkan posisi dalam Klasterisasi Perguruan Tinggi Tahun 2020 sebanyak 1.523 peringkat ke urutan 443.

Anggota Komisi XI DPR RI Puteri Anetta Komarudin menyampaikan apresiasi atas prestasi yang diraih dan mendorong UNSIKA agar terus berinovasi guna menciptakan sumber daya manusia (SDM) unggul bagi kemajuan daerah, khususnya Kabupaten Karawang.

“Senang sekali hari ini dapat mengunjungi UNSIKA, satu-satunya universitas negeri di daerah pemilihan saya, Kabupaten Karawang, Purwakarta, dan Bekasi. Selamat atas prestasi yang telah diraih selama satu tahun terakhir. Prestasi tersebut menunjukkan pertumbuhan pesat yang ke depan tentu diharapkan dapat terus berlanjut dan mendulang pencapaian yang semakin baik,” ungkap Puteri melalui keterangan tertulisnya Rabu (28/4/2021).

Kunjungan yang dilakukan Puteri saat Reses Masa Persidangan IV Tahun Sidang 2020-2021 ke UNSIKA, Jumat lalu (26/4/2021) itu, mendapat sambutan dari Rektor UNSIKA Prof. Dr. Sri Mulyani Ak. CA., yang baru dilantik pada April 2020 lalu. Dalam sambutannya, pihaknya mengucapkan terima kasih atas kunjungan tersebut. Ia menjelaskan bahwa UNSIKA dalam proses berpindah status menjadi perguruan tinggi negeri Badan Layanan Umum (PTN BLU) yang akan memberikan keleluasaan bagi universitas untuk mengelola keuangannya sendiri.

“UNSIKA juga tengah merombak kinerja internal agar performa tenaga pendidik bisa lebih baik dan menciptakan SDM yang berdaya saing. Kami juga memperkuat capaian Indikator Kinerja Utama (IKU), terutama atas komponen riset bagi dosen. Termasuk, penyesuaian kurikulum agar dapat bersaing dengan universitas lainnya. Selama setahun ini, perbaikan pengelolaan, dukungan, dan kerja sama yang baik antar sivitas akademika ini telah menghasilkan peringkat UNSIKA yang melonjak jauh dalam waktu yang singkat,” tutur Prof. Sri Mulyani.

Lebih jauh, Prof. Sri Mulyani pun menuturkan berbagai capaian prestasi yang diraih universitas dalam satu tahun kepemimpinannya. “Proses pembangunan fasilitas Fakultas Kedokteran tengah berlangsung dan ditargetkan untuk segera rampung untuk dapat menerima mahasiswa baru di tahun ini. Kami juga mulai menerima mahasiswa asing dan telah menjalin kerja sama dengan beberapa universitas di Kawasan Asia Tenggara. Mahasiswa kami pun turut menorehkan prestasi, baru-baru ini delegasi kami berhasil memperoleh Juara III nasional pada Paragon Innovation Summit 2021,” ungkapnya.

Menutup pertemuan tersebut, Puteri menekankan peran penting universitas bagi kemajuan SDM daerah dan peran DPR RI dalam berkontribusi pada perkembangan sektor pendidikan di daerah. “Kami sangat apresiasi berbagai inovasi manajerial dan akademis yang dilakukan UNSIKA guna meningkatkan performa dan kinerjanya untuk menjadi perguruan tinggi kebanggaan Kabupaten Karawang. Jelas perlu kita dukung perkembangannya. Kami di DPR bersama mitra kerja di Komisi XI, khususnya Kementerian Keuangan yang membawahi PTN BLU, akan mendukung pengembangan suatu talent pool agar kesempatan untuk berkarir dapat terbuka lebih lebar,” tutup legislator dapil Jawa Barat VII itu.