Ketua Dewan Pers: Substansi dari Media Itu Adalah Data

0
27
Wartawan sedang melakukan wawancara dengan narasumber. (Dok: Akuratnews.com)

Memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2021 yang jatuh pada Selasa (9/2/2021), Ketua Dewan Pers, M. Nuh, mengajak semua insan pers di Tanah Air menjaga, merawat dan mengembangkan fungsi pers sebagai pilar demokrasi bangsa. Untuk mencapai tujuan tersebut pers diminta membuat berita berdasarkan data.

Imbauan tersebut disampaikan M. Nuh saat memberikan sambutan di Konvensi Nasional Media Massa Hari Pers Nasional (HPN) 2021, Senin (8/2/2021).

“Substansi dari media itu adalah data, informasi, knowledge. Oleh karena itu harus kita kelola dengan baik. Jangan sekali-kali media terjebak atau abai terhadap data,” ujar M Nuh.

Ia mengatakan, media massa juga jangan sampai tidak mampu mengelola data menjadi informasi. Sebab jika hal itu terjadi, maka nantinya bukanlah pengetahuan yang disebarkan kepada masyarakat tetapi informasi yang justru merugikan.

Selain merugikan, juga bisa membodohi masyarakat karena informasi yang disampaikan tidak benar.

“Kalau itu yang terjadi, maka justru bukan mencerdaskan tapi mohon maaf bahasa agak kasar ‘bodohin’, menjadikan kita bodoh karena informasi yang disajikan tidak punya basis data dan fakta, akhirnya tidak mungkin dikonversi jadi pengetahuan,” kata dia.

Pada HPN kali ini, ia pun berharap seluruh pihak terus mempertahankan cara agar dunia pers di Tanah Air bisa tetap tumbuh dan berkembang.

HPN diperingati setiap tanggal 9 Februari bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Persatuan Wartawan Indonesia (PWI). Penetapan tanggal ini berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 5 Tahun 1985.

Keppres yang dikeluarkan tanggal 23 Januari 1985 ditandatangani oleh Presiden Soeharto dan menyebutkan bahwa pers nasional Indonesia mempunyai sejarah perjuangan dan peranan penting dalam melaksanakan pembangunan sebagai pengamalan Pancasila.

HPN dilaksanakan setiap tahun secara bergantian di ibu kota provinsi se-Indonesia. Penyelenggaraannya dilaksanakan secara bersama antara komponen pers, masyarakat dan Pemerintah, khususnya Pemerintah Daerah yang menjadi tempat penyelenggaraan HPN.