Arçelik dan Hitachi Global Life Solutions Joint Venture Bisnis Peralatan Rumah Tangga Global 

0
78

Induk perusahaan dari Beko Indonesia) dan Hitachi Global Life Solutions, Inc. (“Hitachi GLS”) telah menandatangani perjanjian pembelian saham untuk mendirikan usaha bersama (joint venture). Sebagai bagian dari transaksi, Hitachi GLS akan mendirikan perusahaan baru yang akan menjalankan bisnis peralatan rumah tangga globalnya, di luar wilayah Jepang. Arçelik akan mengakuisisi 60% kepemilikan perusahaan baru tersebut yang ditargetkan akan didirikan pada musim semi 2021, setelah memenuhi persetujuan dan pemenuhan persyaratan dari regulator.

Nilai transaksi terhitung sebesar USD300 juta dengan dasar transaksi cash-free dan debt-free untuk 60% bisnis. Perhitungan tersebut berdasarkan dari neraca utang bersih, dana working capital perusahaan, dan saham minoritas yang telah disesuaikan pada tanggal penutupan (pencatatan).

Arçelik dan Hitachi GLS berencana untuk saling melengkapi strategi bisnis keduanya dengan membangun rantai usaha mumpuni, sekaligus menciptakan peluang pertumbuhan yang akan meningkatkan akses ke pasar baru, memperluas rangkaian produk dan kemampuan penjualan,  serta meningkatkan kapabilitas di seluruh rantai pasokan dan operasi produksi.

Arçelik secara konsisten mengembangkan bisnis peralatan rumah tangga di lebih dari 145 negara di seluruh dunia. Perusahaan ini telah tumbuh secara signifikan di Eropa khususnya dan mencapai pertumbuhan yang kuat di Asia Selatan selama dekade terakhir. Hitachi GLS saat ini menjalankan bisnis peralatan rumah tangga terutama di Asia Tenggara dan Timur Tengah, serta menjadi salah satu merek kelas atas di wilayah tersebut. Usaha bersama ini akan memproduksi, menjual, dan menyediakan layanan purnajual peralatan rumah tangga bermerek Hitachi (termasuk lemari es, mesin cuci, penyedot debu, dll.) secara global, di luar pasar Jepang. Kedua mitra akan mendapatkan keuntungan dengan saling melengkapi dalam jangkauan geografis, kanal penjualan, dan lini produk, serta dari sinergi manajemen yang timbul dari kolaborasi yang terjalin.

Kerja sama ini mencakup dua belas perusahaan grup Hitachi GLS di luar Jepang (dua perusahaan manufaktur, sepuluh perusahaan penjualan) dan sekitar 3.800 karyawan. Portofolio ini menghasilkan pendapatan senilai lebih dari JPY100 miliar dalam penjualan (sekitar $1.0 miliar). Memanfaatkan jaringan penjualan Arçelik dan Hitachi GLS, usaha bersama ini akan memperluas penjualan produk bermerek Hitachi di Eropa, Asia Selatan dan Afrika, serta Timur Tengah dan Asia Tenggara – termasuk Indonesia. Selain itu, Arçelik dan Hitachi GLS akan menggabungkan keahlian mereka di bidang penting lainnya seperti R&D, sistem pengadaan serta produksi – yang bertujuan untuk mengoptimalkan rantai pasokan global usaha bersama, dan memperkuat daya saing di pasar.

Keberlanjutan adalah inti dari strategi Arçelik dan Hitachi. Melalui kombinasi keahlian keduanya dalam efisiensi energi dan solusi berkelanjutan yang terkait dengan kebutuhan rumah tangga, kemitraan ini akan meningkatkan daya saing terkait isu energi efisiensi, di pasar yang lebih luas.

Koç Holding (Arçelik’s parent company) Consumer Durables Group President Fatih Kemal Ebiçlioğlu mengatakan “Usaha bersama ini menjadi pencapaian penting dalam strategi Jalur Sutra kami. Pasar peralatan rumah tangga Asia-Pasifik menawarkan pertumbuhan yang kuat karena peningkatan populasi kelas menengah, pengembangan jalur ritel, peningkatan pendapatan rumah tangga, serta gaya hidup yang meningkat. Kami akan mensinergikan keahlian global yang kami miliki, dengan posisi pasar dan kekuatan merek dari Hitachi, untuk memenuhi kebutuhan pasar global dan lokal.”

Arçelik CEO Hakan Bulgurlu mengatakan “Hitachi GLS memiliki posisi yang kuat di Asia Tenggara, menawarkan peralatan rumah tangga kelas atas di pasar Asia yang berkembang pesat, dan sangat cocok secara strategis untuk Arçelik dalam hal geografi, merek, dan produk. Kerja sama bersejarah dengan Hitachi GLS ini menjadi langkah besar dalam ekspansi global dan perjalanan kami untuk menjadi salah satu perusahaan peralatan rumah tangga terbaik di dunia. Kolaborasi ini secara signifikan memajukan strategi global Arçelik dan Hitachi serta memiliki prospek pertumbuhan masa depan yang solid karena akan mendapatkan keuntungan dari sinergi yang diwujudkan dengan bergabungnya dua pemain mapan.”

Keiji Kojima, Executive Vice President and Executive Officer, Hitachi, Ltd. (Hitachi GLS’s parent company) mengatakan “Sebuah kebanggan dapat mengumumkan kerja sama kami dengan Arçelik, yang memiliki reputasi yang kokoh atas kualitas tinggi dan efisiensi operasionalnya. Grup Hitachi ingin berkontribusi dalam terciptanya masyarakat yang berkelanjutan, menyelesaikan masalah kemasyarakatan di setiap wilayah melalui “Bisnis Inovasi Sosial”, yang memanfaatkan portofolio teknologi kami yang luas, termasuk TI. Dengan pandemi yang disebabkan oleh COVID-19, bekerja jarak jauh menjadi hal yang biasa, dan bisnis peralatan rumah tangga Hitachi GLS, yang memiliki misi untuk membuat kehidupan rumah lebih aman dan nyaman, secara strategis penting bagi Grup Hitachi. Melalui pendirian usaha bersama ini, kami berharap dapat berkontribusi pada peningkatan kualitas hidup masyarakat (QoL) dengan menghadirkan peralatan rumah tangga bermerek Hitachi ke area yang lebih luas.”

Jun Taniguchi, President, Hitachi Global Life Solutions, Inc. mengatakan “Saya sangat senang dengan pendirian perusahaan bersama yang kami jalin dengan Arçelik. Kemitraan strategis yang terjalin meningkatkan hubungan komplementer yang kami miliki dalam jaringan penjualan dan strategi produk kami. Memanfaatkan kekuatan kedua perusahaan, kami akan meningkatkan daya saing bisnis peralatan rumah tangga di pasar global. Juga, melalui teknologi canggih dari kedua perusahaan, kami akan berusaha untuk mengembangkan produk dan layanan yang akan memenuhi kebutuhan konsumen, dan berkontribusi pada peningkatan kualitas hidup masyarakat.”