SHAREit Posisi #1 Aplikasi Sumber Media dengan Pertumbuhan Tercepat

0
1641
Pojok Bisnis

SHAREit, aplikasi pencarian, konsumsi, dan berbagi konten global milik Smart Media4U Pte. ltd, menempati posisi No.1 secara global dalam hal pertumbuhan diantara sumber-sumber media oleh The AppsFlyer Performance Index[1] Edition XI. Pertumbuhan SHAREit mencapai 160% dalam jumlah instalasi aplikasi dan peningkatan ini berbarengan dengan lonjakan basis klien SHAREit, yang membuat SHAREit berada di posisi teratas di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Indonesia menjadi salah satu negara terkuat di Asia Tenggara yang mendominasi penggunaan SHAREit selama masa pandemi.

Mr. Karam Malhotra, Partner & Global VP, SHAREit menyatakan, “Pengharggaan ini merupakan pencapaian luar biasa bagi kami di SHAREit. Kami sangat bangga menerima pengakuan dari ApssFlyer dan sangat optimistis bahwa prestasi tersebut membuktikan kerja keras dan transformasi SHAREit sebagai platform konten yang holistik saat ini.”

Berdasarkan survey dari Internet Service Provider Association (APJII) dan Indonesia Survey Center (ISC) ditemukan perubahan kebiasaan yang signifikan diantara pengguna internet selama masa pandemi COVID-19. Pengguna mayoritas menggunakan internet selama lebih dari 8 jam per hari. Konten yang paling banyak diakses adalah konten edukasi dan website sekolah. Sementara itu, untuk konten hiburan yang paling sering diakses adalah video online sebesar 49,3 persen, Game online sebesar 16,5 persen, dan musik online sebesar 15.3 persen. Ada lima alasan utama pengguna mengakses internet, yakni media sosial, komunikasi pesan, main game online, dan belanja online[2].

Sehubungan dengan terjadinya Adaptasi Kebiasaan Baru, teknologi saat ini menjadi kebutuhan utama masyarakat, namun juga terjadi pergeseran besar dalam penggunaannya. 73,2 persen[2] masyarakat Indonesia tidak lagi mengakses internet melalui PC dan hanya 19,7 persen dari total responden yang menggunakan laptop untuk mengkases internet harian. Alasan terjadinya pergeseran ini dikarenakan oleh meningkatnya penggunaan smartphone untuk kebutuhan internet harian, seperti untuk bekerja, sosial, hiburan termasuk bermain game. Bersadarkan data dari Statisca[3], menunjukkan bahwa ada 50,8 juta pengguna mobile game di Indonesia di tahun 2020 dan diprediksi akan meningkat sebanyak 21,6 persen di tahun 2025. Garena Free Fire berpartner dengan SHAREit dan mendapat jumlah download tertinggi di tahun 2019 di Asia tenggara[4], Garena Free Fire menjadi salah satu Game Mobile bergenre Battle Royale yang cukup diminati oleh banyak pemain game di Indonesia.

Top Mortar gak takut hujan reels

Kebijakan kerja dari rumah #diRumahAja dan anjuran menjaga jarak yang ditetapkan pemerintah di tengah pandemi COVID-19 di Indonesia saat ini telah menumbuhkan bisnis berbasis berbagi file dan penyedia konten secara signifikan, dan membuat SHAREit memimpin di industri ini. Menurut We Are Social digital report 2020[5], 94 persen pengguna internet menggunakan smartphone dan menempatkan SHAREit di posisi #4 dari jumlah download di tahun 2019. Pencapaian ini diraih dengan melihat kinerja SHAREit dari AppsFlyer Performance Index Edition X, berada di peringkat ketiga dan kelima dalam hal pertumbuhan, masing-masing di Asia Tenggara dan India.

Aat Pangestu Hadi, Country Sales Director, SHAREit Indonesia, mengatakan, “Indonesia  merupakan negara yang perekonomiannya digerakkan oleh perangkat seluler dan industri hiburan digitalnya tampil sebagai sektor yang amat menarik. Saya terkesan dengan investasi, visi strategis, dan tujuan jelas untuk mengembangkan kesuksesan SHAREit. Ke depan, saya ingin menjalin hubungan dan asosiasi penting sehingga kami bisa menjadi penyedia hiburan holistik. Selama masa pandemi ini keadaan sangat sulit, tidak pasti dan menantang, tetapi menjadi komitmen kami untuk tetap berkembang dan selalu berkinerja tinggi. Melihat pasar Indonesia merupakan yang terkuat di Asia Tenggara, kami sangat tersentuh ketika menyaksikan pertumbuhan dan pengakuan ini di tengah tantangan dunia pada 2020 dan hal ini meninginspirasi kami untuk selalu berkomitmen mewujudkan keunggulan di masa mendatang.”

SHAREit memiliki lebih dari 1,8 miliar pengguna di seluruh dunia. Sementara, jumlah pengguna aktif bulanan (MAU) SHAREit telah menembus 500 juta pengguna di seluruh dunia, tersedia dalam 45 bahasa lokal di 200 negara. Aat menambahkan, “SHAREit berhasil mengatasi perlambatan ekonomi di tengah pemberlakuan karantina wilayah akibat COVID-19, serta membantu ratusan pelaku usaha untuk meningkatkan pertumbuhannya, bahkan ketika pandemi terjadi.”

SHAREit adalah one-of-a-kind platform yang tidak hanya menyediakan konten, tetapi juga pilihan permainan yang luas, menjadikannya one-stop-shop untuk kebutuhan hiburan digital. SHAREit dapat digunakan secara online dan offline dan juga memberikan peluang yang lebih menguntungkan bagi pelaku bisnis. SHAREit menjadi ekosistem pertama yang bermitra dengan Google Play untuk melakukan verifikasi, autentikasi, serta atribusi terhadap setiap aplikasi peer 2 peer. Dengan mengandalkan jangkauan luas, SHAREit menawarkan solusi periklanan yang membantu merek-merek seperti gaming, e-commerce, hingga fintech agar menempati peringkat teratas.

 

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan