Sepi Job Sejumlah Artis Banting Stir

0
263

Tiga bulan sudah Indonesia mengalami pandemi Covid-19. Pemerintah pun melakukan pembatasan aktivitas di tengah keramaian. Kondisi ini membuat banyak profesi memiliki keterbatasan. Banyak pekerja yang juga terkena pemutusan hubungan kerja. Tak terkecuali dengan para artis Tanah Air. Job on air seperti di televisi menjadi berkurang. Apalagi beberapa konser yang sudah direncanakan pun batal. Beberapa artis yang memiliki usaha juga terdampak.

Untuk menyambung hidup deretan artis pun banting setir membuka usaha untuk menambah penghasilan. Sebut saja pedangdut Ayu Ting-Ting juga membuka usaha untuk menambah penghasilan. Ia, menjual bakpao buatannya sendiri. Bakpao tersebut Ayu beri nama Bakpao Viral. Ibu satu anak ini menjual Bakpao Viral secara online.

“Ini lagi bikin bakpao, namanya Bakpao Viral. Kerja dari rumah sekaligus. Kita baru ada isi cokelat, nanti untuk selanjutnya ada banyak isi. Kita lagi terima orderan, walaupun kita lagi nggak kerja di luar tapi kita menghabiskan waktu untuk usaha di dalam rumah,” imbuhnya.

Rekan sejawat Ayu, designer kondang Ivan Gunawan juga membuka usaha baru. Ia mencoba bisnis kuliner. Ivan menjual peyek secara online. Tak hanya itu, ia juga memiliki bisnis kopi kekinian.

Penyanyi jebolan Indonesia Idol Delon juga mengaku bahwa banyak job nya yang dibatalkan. Kini, ia membuka kursus vokal. “Kita dikasih kemampuan untuk berpikir harus bekerja. Aku kan di bidang nyanyi. Aku buka kursus olah vokal online,” katanya.

Bahkan musisi senior Iwan Fals merasakan dampak dari pandemi ini. Menurutnya virus corona ini juga merupakan masalah yang dihadapi oleh hampir seluruh negara di dunia. Pria pelantun lagu Bento itu juga berpesan kepada masyarakat agar selalu berhati-hati dan mematuhi imbauan pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona.

“Mudah-mudahan ikhtiar kita jadi ibadah lewat caranya masing-masing. Seperti saya nyanyi atau teman-teman di medis itu kan perjuangan semua,” ujarnya.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.