Pegadaian Raih Penghargaan Corporate Branding PR Award 2020

0
107

PT Pegadaian (Persero) kembali meraih penghargaan Corporate Branding PR Award 2020 dalam kategori Pembiayaan Khusus. Penghargaan tersebut  diselenggarakan oleh Iconomics Research and Consulting.

Penghargaan tersebut diterima oleh Kepala Departemen Komunikasi Perusahaan Basuki Tri Andayani, dengan menetapkan tiga pilar penilaian berdasarkan pengalaman bertahun-tahun menjalankan riset corporate brand equity pada puluhan industri.

Iconomics menemukan bahwa ada 9 aspek dalam 3 pilar yang menjamin bahwa sebuah perusahaan dapat mencapai kesuksesan berkesinambungan yaitu: Product & Service Quality Aspect, Size & Presence Aspect, Growth Aspect, Competency Aspect, Employment Welfare Aspect, Cleanliness & Honesty, Social-Environmental Contribution Aspect, Customer Value Aspect, dan Familiarity Aspect.

Dalam melakukan riset, Iconomics menerapkan 3 cara yaitu, survei dilakukan secara online kuantitatif dengan total lebih dari 10.000 responden di 10 kota besar di Indonesia. Survei dilakukan pada periode Maret-April 2020.

Survei tersebut didahului dengan beberapa Focus Group Discussion, untuk melakukan penajaman parameter dan pemilihan brand perusahaan yang akan disurvei. Dengan mempertimbangkan keterbatasan teknis, maka survei hanya dilakukan terhadap most prominent brands di Indonesia dan survei dilakukan secara close-ended question terhadap ke-9 aspek perusahaan.

“Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi kepada kinerja tim komunikasi Pegadaian yang terus membangun citra positif bagi perusahaan di mata publik, walau saat ini kita tengah dilanda wabah virus corona atau COVID 19,” ujar Basuki, Jakarta.

Basuki menjelaskan di tengah COVID – 19, Pegadaian terus mengembangkan digitalisasi public relations, sehingga informasi mengenai perseroan lebih terverifikasi dan tidak merugikan satu pihak. Tidak hanya itu, Pegadaian juga terus mengembangkan sistem digital marketing, business process, bahkan dalam memperluas saluran distribusi dengan pemanfaatan aplikasi Pegadaian Digital dan sistem keagenan.

Sementara itu, pada waktu yang bersamaan Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate pun berpesan kepada seluruh insan PR untuk turut menjaga dan merawat perkambangan informasi di Indonesia, seperti membuat citra yang positif untuk Indonesia, memberikan informasi yang objektif yang membawa spirit positif.

“Kepada para insan-insan kehumasan Indonesia khususnya yang diberikan atau yang mendapat award saya mengucapkan selamat sekali lagi, dan pastikan saat ini adalah saatnya di mana kehumasan mengambil peran yang besar pada saat dunia bergerak dan beranjak dari dunia fisik menuju dunia digital maka PR mengambil peran yang penting untuk mengajak masyarakat untuk segera memanfaatkan kesempatan di masa-masa pandemi ini yang mendorong untuk masuk pada era baru yaitu era digital. Era baru di mana transformasi digital harus bisa kita lakukan dengan cepat, harus bisa kita lakukan dengan baik, dan harus bisa mengantar kita sebagai bangsa yang memanfaatkan ekonomi digital di masa yang akan datang ini dengan baik,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika Jonny G. Plate.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.