Startup Indonesia Masuk Zurich Innovation Championship Tingkat Asia Pasifik

0
205
Dok: atmago.com

Zurich Indonesia mengumumkan enam kandidat startup terpilih dari Indonesia, Singapura, Hong Kong dan Amerika Serikat untuk mempresentasikan inovasi mereka di depan panel juri untuk mendapatkan kesempatan menuju putaran tingkat Asia Pasifik pada kompetisi tahunan kedua Zurich Innovation Championship (ZIC). ZIC adalah kompetisi global bagi para startup untuk menyampaikan inovasi mereka guna memenangkan kesempatan untuk mengembangkan inovasi mereka bersama Zurich.

Lebih dari 1.300 pendaftaran diterima setelah kompetisi ini diluncurkan pada 24 September 2019 di Las Vegas dengan inovasi-inovasi yang mencerminkan tema kompetisi ‘Protecting the Next Generation’, termasuk 27 pendaftar dengan inovasi yang ditujukan untuk Indonesia, dimana empat di antaranya berasal dari Indonesia.

Mereka berasal dari beragam bisnis seperti produsen cat yang menggunakan sinar matahari untuk pendinginan, peternakan serangga, dan platform berbasis komunitas yang memberdayakan perempuan dengan memperkuat pengetahuan keuangan mereka. Jumlah pendaftar kali ini meningkat tiga kali lipat dari kompetisi tahun sebelumnya.

Chris Bendl, Country Manager Zurich Indonesia, mengatakan, sebagai perusahaan asuransi terkemuka dengan jangkauan global, kami berada di posisi yang tepat untuk bergabung dengan startup yang gesit, inovatif, dan mendukung ide-ide yang dapat meningkatkan kualitas hidup.

“Melalui Zurich Innovation Championship, kami mengembangkan alat untuk beradaptasi dan memprediksi perubahan kebutuhan pelanggan kami. Dengan melibatkan startup, kami dapat membangun masyarakat yang lebih baik dan meningkatkan ketahanan terhadap risiko bagi individu dan bisnis,” jelasnya.

Fadjar Hutomo, Deputi Industri dan Investasi, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif turut menghadiri putaran kompetisi tingkat negara. Pada putaran ini, 6 finalis mempresentasikan inovasi mereka kepada dewan juri yang terdiri dari Hassan Karim, Zurich Underwriting; David Fike, Regional Head of Strategy, Zurich Asia Pacific; Ashvin Uttamsingh, Chief Operating Officer, Zurich Topas Life; Hengky Prihatna, Executive Director of Northstar Group; dan Wayah Wiroto, Managing Director, Endeavor Indonesia.

Para startup yang berpartisipasi akan melalui tiga putaran seleksi – tingkat negara, regional, dan global. Putaran seleksi regional dan global akan berlangsung di bulan Juni dan Agustus 2020. Pada putaran global, Zurich akan memilih tiga startup pemenang (emas, perak, dan perunggu) untuk dapat mengeksekusi inovasi mereka (dengan sumber daya gabungan dari Negara dan Group) di negara mereka masing-masing.

“ZIC menyediakan platform untuk wirausahawan dan startup dengan solusi-solusi terkini untuk masalah-masalah yang kita hadapi. Kami ingin mendorong batas transformasi untuk melayani pelanggan dan komunitas dengan lebih baik. Bersama kita dapat menjadikan dampak kemajuan teknologi dan pertumbuhan populasi menjadi peluang besar untuk memberi manfaat bagi Indonesia dan negara lainnya,” tambah Hassan Karim, Zurich Underwriting.

ZIC mempertegas komitmen Grup Asuransi Zurich untuk berinovasi tanpa batas. Dalam kompetisi ini, Zurich memberikan startup kesempatan untuk mengembangkan basis pengguna layanan mereka pada skala komersial dan dengan pengalaman Zurich di industri asuransi selama hampir 150 tahun.

Informasi tambahan tentang Zurich Innovation Championship tersedia di: www.zurich.com/zic. Situs web ini akan diperbarui secara berkala.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.