14 Rekomendasi Channel Podcast Indonesia Paling Populer

    0
    72
    (Ilustrasi: pexels.com/ Magda Ehlers)

    Hari ini adalah era podcast. Rasanya saat ini hampir seluruh tema ditawarkan berbagai channel podcast. Belum lagi podcast-podcast ini digawangi para podcaster yang juga datang dari berbagai latar belakang sehingga membuatnya makin enak untuk didengarkan.

    Selain browsing dan medsos, mendengarkan podcast Indonesia jadi salah satu hobi kawula muda belakangan ini. Platform ini mendadak booming, karena kontennya bisa dikonsumsi di mana pun kapan pun, sambil belajar, sambil kerja di rumah, sambil main Tik Tok, bahkan sambil olahraga di rumah. Intinya, meski di rumah saja, tidak akan mati gaya selama bisa dengerin podcast.

    Dengan semakin banyaknya pilihan genre dan topik yang ditawarkan para podcaster tanah air, membuat kita tidak akan kehabisan topik menarik yang ingin kita dengar. Apalagi topiknya cukup erat sama kehidupan sehari-hari.

    Berikut channel podcast yang populer:

    1.  Podcast Awal Minggu

    Ungkapan “I hate Monday” bisa jadi memang sering dialami banyak orang. Mungkin karena itu juga podcast ini jadi pilihan sebagai media hiburan di awal minggu yang berat.

    Terlebih, channel yang digawangi Adriano Qalbi yang juga stand up comedian ini, cukup pintar memilih ragam tema dan guest star. Ada mantan penyanyi cilik hingga duet MC yang gemar party.

    2. Box2box

    Bagaimana jadinya kalau Justin Lhaksana yang terkenal ceplas-ceplos ketemu Pangeran Siahaan yang sarkastik, ketemu ngobrol dan ngebahas soal sepakbola? Mungkin sudah terbayang betapa ramainya podcast ini, terlebih hadirnya juga Tio Prasetyo yang semakin membuat podcast ini layak didengarkan.

    3. Sudut Pandang

    Ini salah satu podcast yang seru untuk anak milenial. Podcaster Aria Notharia menggawangi channel yang pembahasannya tentu saja dekat dengan keseruan anak muda.

    Misalnya saja episode “Bacot As Survival Kit” yang dari judulnya aja bisa kita tebak gimana relate-nya bahasan ini sama pergaulan anak muda. Selain yang ‘receh’, ada juga tema yang relatif berat seperti “Millenials di Tengah Disruptive Innovation”.

    4. Do You See What I See

    Kalau di stasiun radio ada program horor, di podcast ada genre horror. Berbagai cerita horor yang tersaji dalam podcast ini memang ngeri-ngeri sedap.

    Apalagi, hampir semua cerita yang ada di sini, diklaim berdasarkan cerita nyata. “Penghuni Pabrik”, “Bayi Bajang”, “Gaun Merah”; wah, dari judulnya aja udah bikin merinding!

    5. Rapot

    Mau merilekskan pikiran , coba dengerkan podcast Indonesia yang satu ini. Walau judulnya Rapot, tapi isinya tentu bukan ngomongin soal bidang pendidikan. Dibawakan oleh podcaster kocak Reza, Anka, Radhini, dan Abigail, podcast Rapot bisa bikin kita ketawa sepuasnya.

    6. PORD

    Mau tutorial minta naik gaji? Tema ‘nyeleneh’ ini hanyalah satu dari beragam episode seru yang ditawarkan oleh PORD alias Podcast Raditya Dika. Masih banyak tema unik lain yang dibawakan oleh penulis dan stand up comedian ini, mulai dari yang serem-serem di tema paranormal experience, sampai yang ngomongin “Hidup Setelah JKT48”.

    7. Kejar Paket Pintar

    Banyak alasan buat suka podcast yang satu ini. Pertama, tentu saja dengar suara renyah dari duo podcaster perempuan Laila Achmad dan Dara Hanafi (hehe).

    Kedua, tema-tema sosial, pop culture, bahkan politik yang diangkat juga bisa lo nikmatin dengan nggak kalah ‘renyah’. Laila dan Dara memang jagonya mengemas konten sehingga enak untuk diikuti.

    8. Asumsi Bersuara

    Dunia politik sering dibicarakan dalam ‘frekuensi yang tinggi’, sehingga kita mungkin jadi nggak terlalu antusias untuk mendengarkannya. Tapi, channel yang dipandu sama Nathaniel Rayestu ini jagonya ngomongin politik dan berbagai isu kebijakan lain secara sederhana, namun tetap memberikan banyak insight menarik buat didengarkan.

    9. Petjah

    Salah satu kunci sebuah podcast itu enak untuk didengarkan tentu saja cara podcaster membawakan acaranya. Nah, Rifqi Arrahmansyah atau yang lebih dikenal Mantjah sebagai pemandu, membawakannya dengan santai, tapi nggak bikin yang mendengarkannya jadi ngantuk. Apalagi topiknya juga lumayan unik dengan membahas berbagai isu perkotaan dan pengaruhnya untuk anak muda.

    10. Podcast Subjective

    Sedang ingin mendengerkan channel yang isinya baik-baik saja. Kita bisa follow channel Iqbal Hariadi dari KitaBisa.com, yang ternyata udah ada dari tahun 2015. Konten yang disajikan Iqbal sangat berfaedah, karena dia ngebahas seputar karier, industri kerja, pendidikan, sampai politik. Yang bikin channel ini menarik adalah kemasannya yang gampang dicerna dan tudak mengguruin pendengarnya.

    11. Makna Talks

    Channel yang udah punya lebih dari 100 episode ini digawangi oleh host Iyas Lawrence dari Makna Creative. Yang bikin channel ini direkomnsasikan adalah kontennya yang beragam. Makna Talks sering banget ngundang influencer dan public figure. Topik bahasannya macam-macam, mulai dari musik, karier, bisnis, sampai keuangan. Banyak banget cerita seru yang lo ambil dari obrolan mereka. Lo juga jadi bisa lihat sisi lain dari tiap guest di channel ini.

    Di channel ini, Iyas sering banget ngomong pakai bahasa Inggris. Lumayan kan sambil belajar bahasa. Siapa tau lo juga bisa casciscus ngomong bahasa Inggris seperti Iyas!

    12. DariTaDi Yu Ya Yukk

    Podcast DariTaDi Yu Ya Yukk mulanya berisi curhatan para suami yang diwakilkan oleh Ditto Percusiion dan Tarra Budiman. Gak lama, para istri, Ayudia Bing Slamet dan Gya Sadiqah, bergabung sehingga topik yang diangkat seringnya seputar keluarga baru.

    Tapi gak melulu soal kehidupan keluarga, di podcast ini para host juga berbagi pengalaman lain, seperti isu seputar kuliah, kesehatan mental, finansial, dan masih banyak lagi.

    13. Thirty Days of Lunch Podcast

    Gimana ya caranya working from home yang produktif? Atau cara mengatur keuangan buat wanita karier? Sampai mengatasi rasa kesepian di tengah sibuknya pekerjaan?

    Semua pertanyaan ini bisa kamu temukan jawabannya dari berbagai eposiode Podcast Thirty Days of Lunch.

    Podcast Indonesia satu ini diinisiasi oleh dua orang sahabat, Fellexandro Rubi dan Sheggario sejak akhir 2018. Kontennya kurang lebih mengenai produktivitas, karier, bisnis, dan self-development. Seperti Makna Talks, Thirty Days of Lunch juga sering mengundang narasumber keren nan menginspirasi, seperti Najwa Shihab, Achmad Zaky, hingga GaryVee.

    14. Healthy Hacks ID

    Kesehatan itu penting, setuju dong? Daripada kemakan hoaks seputar isu kesehatan, mending dengar informasinya langsung dari ahlinya alias dokter.

    Kamu bisa mampir ke podcast Healthy Hacks ID untuk mendengar obrolan seputar penyakit yang lazim diderita kaum milenial dan cara menghindarinya. Tenang aja, sekalipun topiknya cukup rumit, pembahasannya tetap santai dan mudah dipahami kok.

    Deretan rekomendasi podcast Indonesia di atas tentunya bisa didengar via Spotify. Selain podcast, kamu juga bisa cek playlist lagu terbaru GetPlus di Spotify buat temani hari kamu di rumah.