Lord Jacob Rothschild dan Jejak Perubahan dalam Dunia Bisnis dan Seni

0
144
Lord Jacob Rothschild dan Jejak Perubahan dalam Dunia Bisnis dan Seni
Lord Jacob Rothschild dan Jejak Perubahan dalam Dunia Bisnis dan Seni
Pojok Bisnis

Lord Jacob Rothschild, tokoh kunci dari keluarga Rothschild dan pendiri bank ternama, telah berpulang pada usia 87 tahun, meninggalkan suatu kekosongan besar di komunitas keuangan dan kebudayaan global. Berita duka tersebut diumumkan oleh keluarganya pada Senin, (26/2/2024), yang menjadi momen mengenang perjalanan panjangnya dalam dunia bisnis dan kepemimpinan.

Karir dan Kontribusi

Lord Jacob Rothschild membuka jalan dalam dunia finansial dengan memulai langkahnya di NM Rothschild & Sons, kemudian keluar dari perusahaan tersebut pada tahun 1980 untuk bersama-sama mendirikan J Rothschild Assurance Group, yang sekarang terkenal sebagai St James’s Place. Kesuksesannya juga terlihat dari peran pentingnya di London, termasuk sebagai wakil ketua BSkyB antara tahun 2003-2008, serta sebagai ketua RIT Capital Partners, lembaga investasi terkemuka yang terdaftar di Bursa Efek London hingga tahun 2019.

Kontribusi dalam Seni dan Filantropi

Selain bidang keuangan, Lord Rothschild juga dikenal dalam dunia seni dan filantropi. Ia aktif sebagai ketua pengawas Galeri Nasional dan National Heritage Memorial Fund, yang memperuntukkan hibah besar untuk warisan budaya. Penghargaan Order of Merit yang diterimanya pada tahun 2002 dari Kerajaan Inggris merupakan tunjangan atas dedikasinya dalam bidang seni, sastra, pembelajaran, serta sains.

Penghargaan dan Kenangan

Penghormatan terakhir kepada Lord Rothschild datang dari berbagai pihak di dunia bisnis dan politik. St James’s Place, dalam ungkapannya, menyampaikan duka yang mendalam atas kepergian sosok yang meninggalkan warisan luar biasa dalam mengubah profesi penasihat keuangan di Inggris.

Top Mortar gak takut hujan reels

George Osborne, mantan Menteri Keuangan Inggris dan ketua British Museum, mengungkapkan apresiasi atas kontribusi Lord Rothschild dalam memajukan budaya dan bisnis di Inggris. Ed Vaizey, seorang rekan sekaligus mantan Menteri Kebudayaan, menyanjungnya sebagai salah satu filantropis budaya terbesar Inggris yang telah memberikan dukungan signifikan dalam pengembangan seni di negara tersebut.

Warisan dan Keluarga

Kelahiran Jacob Rothschild di Eton dan kegiatan akademisnya di Christ Church, Oxford, membentuknya sebagai salah satu pemikir tajam pada era 1980an. Dalam kehidupan pribadinya, ia menikah dengan Serena selama lebih dari lima dekade sebelum sang istri meninggal pada tahun 2019. Rothschild meninggalkan tiga putri, seorang putra, serta sejumlah cucu. Rothschild Foundation, dalam pernyataan melalui media, menegaskan bahwa Lord Rothschild akan sangat dirindukan oleh keluarganya, rekannya, dan sahabat terdekatnya, sambil membawa kenangan akan warisan penting yang telah ia ukir dalam sejarah.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan