Mendorong Semangat Enterpreneurship di Kalangan Generasi Muda: Program Inkubasi Kemenparekraf

0
308
Generasi Muda
Mendorong Semangat Enterpreneurship di Kalangan Generasi Muda: Program Inkubasi Kemenparekraf
Pojok Bisnis

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, menekankan peran penting generasi muda Indonesia sebagai pengemban tongkat estafet kepemimpinan di masa depan. Menurutnya, generasi muda ini menjadi katalisator yang membawa kemajuan bagi perekonomian bangsa.

Pada Seminar dengan tema “The Next Local Hero Kepri” yang digelar di Auditorium Kampus Institut Teknologi Batam (ITEBA) pada Sabtu (29/7/2023), Menparekraf Sandiaga menyampaikan bahwa generasi muda perlu mendapatkan dukungan dan pendampingan yang tepat agar potensi mereka dapat dimaksimalkan dengan baik. Hal ini bertujuan untuk memberikan dampak positif pada peningkatan sektor ekonomi dan menciptakan lebih banyak lapangan kerja.

“Dan mereka perlu diinkubasi dengan penuh kolaborasi,” ungkap Menparekraf Sandiaga.

Salah satu upaya yang diambil adalah melalui program inkubasi Kemenparekraf/Baparekraf. Program ini bertujuan untuk mempersiapkan dan mendukung para pengusaha pemula dalam mengembangkan bisnis mereka agar semakin maju, sehingga tercipta wirausaha yang tangguh dan berdaya saing tinggi.

PT Mitra Mortar indonesia

“Saya melihat pentingnya menjaga semangat kewirausahaan karena enterpreneurship bukan sekadar profesi, tetapi merupakan jiwa dan pola pikir. Yaitu, pola pikir yang pantang menyerah,” tegas Sandiaga.

Namun, banyak pengusaha pemula yang belum memiliki mental baja dan kurang tangguh dalam menghadapi kegagalan. Banyak di antara mereka yang akan menyerah setelah mengalami satu kali kegagalan. Oleh karena itu, pola pikir yang pantang menyerah ini perlu ditanamkan dengan kuat dalam para pengusaha pemula. Menurut Menparekraf, kesuksesan diawali dari pemahaman bahwa kegagalan adalah bagian dari proses menuju kesuksesan.

“Seorang pemenang sejati adalah mereka yang mampu bangkit setelah jatuh. Sebagai seorang entrepreneur, kita harus berani mengambil risiko. Jangan pernah berada dalam zona aman dan zona nyaman,” tambah Sandiaga.

Dalam kesempatan tersebut, Menparekraf Sandiaga didampingi oleh beberapa pejabat penting, termasuk Staf Khusus Menparekraf bidang Akuntabilitas, Pengawasan, Reformasi, dan Birokrasi, Irjen Pol Krisnandi; serta Direktur Industri Kuliner, Kriya, Desain, dan Fesyen, Yuke Sri Rahayu.

Dengan semangat penuh, pemerintah berharap generasi muda Indonesia akan terus didorong untuk menjadi agen perubahan dalam bidang pariwisata dan ekonomi kreatif. Melalui program-program seperti inkubasi, diharapkan akan lahir lebih banyak pengusaha muda yang sukses dan berdaya saing tinggi, sehingga perekonomian bangsa semakin berkembang menuju masa depan yang lebih gemilang.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan