INDEF: PSN Gagal Gaet Investor

0
162
LRT Jakarta (dok jakarta-propertindo.com)

 

Peneliti INDEF di Center for Investment, Ariyo Dharma Pahla Irhamna mengatakan Trade and Industry menilai PSN (Proyek Strategis Nasional) tersebut gagal menarik investor asing dan domestik. Sebab per Maret 2019 realisasi PSN masih sangat rendah, yaitu 20% PSN (45 proyek) yang terealisasi.

Adapun rinciannya 12% PSN (25 proyek) dan 1 program ketenagalistrikan, dan 1 program pemerataan ekonomi dalam tahap konstruksi dan mulai beroperasi; 16% PSN (37 proyek) dalam tahap konstruksi dan akan beroperasi di 2019; 29% PSN (66 proyek) dalam tahap konstruksi dan akan beroperasi setelah 2019; 4 PSN (8 proyek) dalam tahap transaksi, dan 19% (42 proyek) dan 1 Program Industri Pesawat dalam tahap penyiapan.

Realisasi 37 proyek prioritas juga rendah. Status proyek prioritas per Mei 2019 adalah 3% (1 proyek) yang selesai; 16% proyek (6 proyek) dalam tahap konstruksi dan mulai beroperasi; 35% (13 proyek) dalam tahap konstruksi dan beroperasi di 2019; 19% (7 proyek) dalam tahap konstruksi dan akan beroperasi setelah 2019; 8% (3 proyek) dalam tahap transaksi; dan 19% (7 proyek) dalam tahap persiapan.

“Rendahnya realisasi proyek infrastruktur karena proyek infrastruktur terjebak pada siklus politik (5 tahunan). Sehingga kualitas desain proyek tidak memenuhi standard internasional (seperti Kesehatan dan Keselamatan Kerja atau K3 dan lingkungan), lahan belum clear dan clean, administrasi seperti pembebasan lahan, perijinan dan regulasi belum siap,” jelasnya di acara Diskusi Online INDEF bertema Membedah Prioritas Pembangunan 2020.

Ia menilai groundbreaking sudah dilakukan dengan kesiapan proyek yang dipaksakan, contoh kereta api cepat yang dijanjikan akan beroperasi pada 2019. Begitu juga dengan Bandara Kertajati yang sepi dari kegiatan penerbangan komersil, Light Rail Transit (LRT) Palembang yang sepi peminat sebab dibangun bukan untuk mobilitas masyarakat melainkan Asian Games 2018, dan sebagainya.

\

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.