Defisit Perdagangan Indonesia Makin Lebar

0
537
Ekspor-Impor (dok setkab.go.id)
Pojok Bisnis

Defisit perdagangan nonmigas Indonesia dengan China mencapai US$11,05 miliar. Angka ini meningkat dibanding periode yang sama tahun lalu sebesar US$10,33 miliar.

Impor nonmigas dari China Rp24,73 miliar atau 29,08 persen dari total impor Indonesia, namun ekspor Indonesia ke China hanya US$13,68 miliar atau 15,53 persen dari total ekspor.

Menurut Kepala BPS Suhariyanto pemerintah dan pihak terkait perlu mewaspadai perlambatan ekonomi di negara tujuan dan membenahi masalah internal karena defisit perdagangan Indonesia dengan China lebih dalam pada Januari-Juli 2019.

Selain dengan China, Indonesia juga mengalami defisit perdagangan dengan Thailand US$2,2 miliar. Angka itu lebih rendah dari periode yang sama tahun lalu US$2,9 miliar.

Top Mortar gak takut hujan reels

Tak hanya itu, defisit juga terjadi pada perdagangan Indonesia dan Australia sebesar US$1,4 miliar, dari periode yang sama 2018 US$1,6 miliar

Suhariyanto menilai hasil perundingan antara AS dan China akan mengganggu volume dan nilai perdagangan internasional, meskipun ia tak dapat menjelaskan lebih rinci tantangan yang dimaksud.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.