Mendag Zulkifli Hasan Temukan Harga Bapok di Jambi di Bawah Harga Acuan

0
136
Mendag Zulkifli Hasan Temukan Harga Bapok di Jambi di Bawah Harga Acuan
Mendag Zulkifli Hasan Temukan Harga Bapok di Jambi di Bawah Harga Acuan (Dok Foto: Kemendag)
Pojok Bisnis

Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan mengungkapkan bahwa harga beberapa barang kebutuhan pokok di Kota Jambi, Provinsi Jambi, lebih rendah dari harga acuan. Dia menekankan bahwa pemerintah terus berusaha menjaga keseimbangan agar petani bisa tetap menjalankan usaha dengan baik, sementara konsumen bisa mendapatkan bapok dengan harga terjangkau. Selain itu, Mendag Zulkifli Hasan memastikan pasokan bapok dalam kondisi baik.

Hal ini disampaikan oleh Mendag Zulkifli Hasan saat melakukan kunjungan ke Pasar Talang Banjar di Kota Jambi, Provinsi Jambi pada Sabtu (13/7/2024).

“Dari kunjungan ke Pasar Talang Banjar hari ini, kami melihat harga-harga bapok di Jambi di bawah harga acuan. Pemerintah terus berupaya menjaga agar petani tidak mengalami kerugian dan usaha mereka tetap sehat. Di sisi lain, konsumen juga tidak terbebani dengan harga yang terlalu tinggi,” ujar Zulkifli Hasan dikutip dari siaran pers yang diterima InfoPublik pada Sabtu (13/7/2024).

Kunjungan tersebut juga dihadiri oleh Gubernur Jambi, Al Haris. Sementara itu, turut mendampingi Mendag adalah Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan, Isy Karim, dan Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kemendag, Budi Santoso.

PT Mitra Mortar indonesia

Stabilitas Harga di Pasar Talang Banjar

Mendag memberikan contoh harga bawang merah di Pasar Talang Banjar yang berada pada Rp26.000 per kilogram (kg), sementara harga acuan adalah Rp41.500 per kg. Sedangkan, harga cabai merah keriting adalah Rp28.000 per kg, dengan harga acuan Rp55.000 per kg.

Dari hasil pemantauan di Pasar Rakyat Talang Banjar, harga bapok terlihat stabil. Harga beras premium adalah Rp14.600 per kg, beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) Rp12.600 per kg, gula pasir Rp17.500 per kg, minyak goreng curah Rp15.300 per liter, minyak goreng kemasan premium Rp17.000 per liter, tepung terigu Rp11.000 per kg, daging sapi Rp135.000 per kg, daging ayam ras Rp30.000 per kg, telur ayam ras Rp27.200 per kg, cabai merah besar Rp45.000 per kg, cabai rawit merah Rp55.000 per kg, dan bawang putih honan Rp35.000 per kg.

Dalam kunjungan kerjanya ini, Mendag juga membagikan 500 pak beras SPHP Bulog kemasan lima kg senilai Rp63.000 per pak.

Mendag Zulkifli Hasan terus memantau harga dan stok bapok di berbagai pasar. Sebelumnya, Mendag telah melakukan peninjauan di beberapa provinsi seperti Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Banten, dan Bengkulu. Hasil dari pantauan tersebut menunjukkan bahwa harga bapok di berbagai provinsi tersebut juga stabil dan pasokan tersedia dengan baik.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan