Prabowo dan MBS Bertemu di Jeddah, Perkuat Kerja Sama dan Bahas Konflik Palestina

0
140
Prabowo dan MBS Bertemu di Jeddah, Perkuat Kerja Sama dan Bahas Konflik Palestina
Prabowo dan MBS Bertemu di Jeddah, Perkuat Kerja Sama dan Bahas Konflik Palestina (Dok Foto: Kemenhan)
Pojok Bisnis

Pada Rabu (12/6), Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Prabowo Subianto, mengadakan kunjungan kehormatan ke Jeddah, Arab Saudi, untuk bertemu dengan Putra Mahkota dan Perdana Menteri Arab Saudi, Muhammad bin Salman (MBS) bin Abdulaziz Al Saud. Pertemuan ini bertujuan untuk membahas berbagai aspek hubungan bilateral, kerja sama di berbagai bidang, serta situasi global terkini, termasuk isu di Palestina.

Pentingnya Hubungan Bilateral dan Kolaborasi Perdamaian

Dalam kesempatan tersebut, Prabowo menekankan pentingnya hubungan bilateral antara Indonesia dan Arab Saudi serta kolaborasi kedua negara dalam upaya perdamaian internasional.

“Arab Saudi adalah mitra utama Indonesia dalam dialog dan penyelesaian isu-isu kawasan dan global,” ujar Prabowo.

Prabowo juga memuji keteguhan Muhammad bin Salman (MBS) dalam menegaskan kepemimpinan Arab Saudi di kawasan, termasuk dalam mempromosikan perdamaian dan stabilitas untuk Palestina, yang merupakan isu penting bagi Indonesia.

PT Mitra Mortar indonesia

Prabowo mengungkapkan bahwa dalam KTT Call for Action untuk Gaza di Amman, Yordania, beberapa hari sebelumnya, ia menekankan dukungan kuat Indonesia untuk Palestina. Ia menyoroti perlunya tindakan konkret dan bersatu untuk mendorong gencatan senjata yang segera dan permanen.

Selain itu, Indonesia mendesak Israel untuk mematuhi perintah Mahkamah Internasional, mendukung keanggotaan penuh Palestina di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), dan mendukung pekerjaan kemanusiaan di lapangan, termasuk UNRWA sebagai penyedia layanan utama bagi pengungsi Palestina.

“Saya mengandalkan kepemimpinan Anda dalam membela perdamaian, keadilan, dan kemanusiaan untuk Palestina,” tambah Prabowo.

Hubungan Perdagangan yang Kuat dan Peluang Baru

Prabowo juga mengapresiasi hubungan perdagangan yang kuat antara Indonesia dan Arab Saudi. Meski menghadapi ketidakpastian global, perdagangan bilateral kedua negara terus menunjukkan tren positif.

Ia mendorong kedua negara untuk terus bekerja sama dalam meningkatkan perdagangan dengan menjajaki peluang baru, termasuk memperluas potensi perdagangan produk industri pertahanan, teknologi pertanian, industri halal, dan industri kreatif.

Di sisi lain, Muhammad bin Salman menyampaikan apresiasi terhadap hubungan dekat antara kedua negara, dengan menyebut Indonesia sebagai rumah kedua bagi Arab Saudi. Prabowo juga menekankan pentingya peningkatan kerja sama ekonomi dan dengan Indonesia. Selain itu, Muhammad bin Salman menyoroti pentingnya menemukan titik temu dalam syarat-syarat gencatan senjata terkait masalah Palestina.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan