MotoGP Mandalika 2023: Pertamina Jadi Sponsor Utama untuk Kali Kedua

0
495
MotoGP Mandalika
MotoGP Mandalika 2023: Pertamina Jadi Sponsor Utama untuk Kali Kedua
Pojok Bisnis

Gelaran Pertamina Grand Prix (GP) of Indonesia atau MotoGP Mandalika kembali digelar pada tahun ini. Ajang balap motor bergengsi dunia yang diselenggarakan oleh Pertamina akan dilaksanakan di Sirkuit Pertamina Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada tanggal 13-15 Oktober 2023.

Pertamina menjadi sponsor utama untuk perhelatan internasional ini, dan ini merupakan kali kedua bagi mereka dalam mendukung acara tersebut. Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati, menyatakan bahwa dukungan Pertamina dalam kegiatan ini tidak hanya untuk mendorong olahraga otomotif semata, tetapi juga mampu memberikan kontribusi positif bagi perekonomian nasional serta UMKM di Tanah Air.

Nicke mengungkapkan, “Tahun lalu, ketika kita masih dalam pandemi COVID-19, pelaksanaan MotoGP Mandalika berhasil menarik 102 ribu penonton yang hadir untuk menyaksikan langsung balap motor kelas dunia tersebut. Event ini mampu meningkatkan perekonomian Nusa Tenggara Barat hingga 3,5% pada Kuartal I tahun 2022. Dampaknya luar biasa.”

Lebih lanjut, Nicke menjelaskan bahwa gelaran olahraga otomotif tersebut pada tahun lalu telah memberikan sumbangsih signifikan terhadap perekonomian nasional dengan nilai transaksi sekitar Rp 5 triliun. Nilai tersebut diperoleh dari seluruh ekosistem yang mendukung dan terdampak positif dari acara tersebut. Di sisi UMKM, ajang yang sama pada tahun lalu berhasil menciptakan nilai transaksi hingga Rp 800 miliar.

PT Mitra Mortar indonesia

Nicke menambahkan, “Tenaga kerja langsung yang terserap saat acara itu mencapai hingga 4.600 orang. Jadi pertumbuhan ekonomi berputar, transaksi demikian besar, penyerapan tenaga kerja juga terjadi.”

Oleh karena itu, Nicke berharap antusiasme masyarakat dalam tahun kedua gelaran Pertamina GP of Indonesia semakin meningkat. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan dampak positif terhadap perekonomian, penyerapan tenaga kerja, dan UMKM secara keseluruhan.

Pertamina bersama dengan pemerintah daerah dan penyelenggara juga terus berupaya meningkatkan sarana dan prasarana di lokasi acara, guna memberikan kenyamanan bagi para penonton yang hadir langsung menyaksikan balap motor internasional tersebut. Dengan demikian, tidak hanya perekonomian nasional yang akan meningkat, tetapi juga nama Pertamina dan Indonesia akan semakin dikenal di kancah dunia.

Nicke menyimpulkan, “Untuk itu, saya ingin mengajak seluruh masyarakat melalui komunitas motor dan media, bersama-sama mari kita bangun kesadaran agar kita semua siap menyambut para tamu-tamu yang akan menonton MotoGP di Mandalika agar semua penonton lebih nyaman.”

Sementara itu, Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga, Riva Siahaan, menambahkan bahwa Pertamina GP of Indonesia merupakan salah satu upaya Pertamina untuk ambil bagian dalam kegiatan-kegiatan baik dalam konteks nasional maupun internasional. Dengan digelarnya ajang bergengsi ini, diharapkan perekonomian Indonesia semakin membaik dan memberikan manfaat bagi berbagai sektor, termasuk UMKM.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan