Papua Street Carnival Siap Menghibur Masyarakat Papua dengan Parade dan Pameran Ekonomi Kreatif

0
320
Papua Street Carnival
Papua Street Carnival Siap Menghibur Masyarakat Papua dengan Parade dan Pameran Ekonomi Kreatif (Dok: kemenparekraf.go.id)
Pojok Bisnis

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, dan Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Baparekraf), secara langsung memantau persiapan acara besar “Papua Street Carnival” yang telah selesai dan siap diselenggarakan di sekitar Kantor Gubernur Jayapura pada Jumat (7/7/2023) pagi.

“Alhamdulillah, saya melihat semangat rekan-rekan dari PYCH (Papua Youth Creative Hub) dan para pendukung acara ini. Semua persiapan sudah final, dan kami berdoa agar cuaca mendukung besok, sehingga acara dapat berjalan lancar dan menghibur masyarakat Papua,” ujar Menparekraf Sandiaga.

Ketika tiba di Kantor Gubernur Jayapura pada Kamis (6/7/2023), Menparekraf Sandiaga langsung menuju lokasi pameran ekonomi kreatif yang diisi oleh lebih dari 3.000 pelaku UMKM dengan berbagai produk ekonomi kreatif, mulai dari kuliner, kriya, fesyen, hingga alat elektronik seperti handphone dan laptop.

Selanjutnya, Menparekraf Sandiaga menuju area utama acara Papua Street Carnival yang terletak di depan Kantor Gubernur untuk melihat run through parade busana karnaval yang terinspirasi dari flora dan fauna otentik Papua. Setiap jahitan dan detail busana menggambarkan burung cendrawasih merah, kepiting hitam Papua, kopi Wamena, tumbuhan palma, ikan pelangi Sentani, dan masih banyak lagi.

PT Mitra Mortar indonesia

“Ini akan kami tampilkan kepada dunia. Besok juga akan ada live streaming yang akan sangat diperhatikan oleh penggemar event dunia karena kami akan menandingkan Papua Street Carnival ini dengan Rio Carnival di Brazil, dan di dalam negeri seperti Jember Fashion Carnival,” ujar Menparekraf Sandiaga.

Acara ini dihadiri oleh Kepala Badan Intelijen Negara, Budi Gunawan, yang juga memantau persiapan Papua Street Carnival. Menparekraf Sandiaga ditemani oleh Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) Kemenparekraf/Baparekraf, Vinsensius Jemadu, dan Direktur Event Nasional dan Internasional Kemenparekraf/Baparekraf, Dessy Ruhaty.

Selain parade busana dan pameran ekraf, Papua Street Carnival dengan tema “Papua Extravaganza (The East Great Spirit)” juga akan dimeriahkan dengan ratusan perahu hias dan berbagai acara menarik dari masyarakat Papua.

Selebrasi ini melibatkan berbagai pihak, mulai dari Kemenparekraf sebagai inisiator kegiatan, berkolaborasi dengan Papua Youth Creative Hub yang merupakan komunitas binaan BIN (Badan Intelijen Negara), serta melibatkan seniman, perajin, dan pelaku industri kreatif Papua.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan