Gelaran Formula E 2024: Jakarta Pertimbangkan Street Circuit sebagai Lokasi

0
577
Formula E 2024
Gelaran Formula E 2024: Jakarta Pertimbangkan Street Circuit sebagai Lokasi
Pojok Bisnis

PT Jakarta Propertindo (Jakpro) sedang mempertimbangkan untuk menyelenggarakan gelaran balap mobil listrik Formula E 2024 di jalur balap sirkuit jalanan. Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi, mengungkapkan bahwa umumnya ajang balap mobil listrik Formula E dilakukan di tengah kota bukan di sirkuit khusus.

“Penyelenggaraan Formula E itu bukan di sirkuit, tapi dijalani di tengah kota,” ungkap Prasetyo di Gedung DPRD DKI Jakarta pada Minggu (25/6/2023). Untuk menjalankan acara ini dengan sukses, pihak penyelenggara dapat memanfaatkan dana yang diperoleh dari pajak masyarakat yang berminat menyaksikan gelaran balap mobil listrik internasional ini.

Sejauh ini, Indonesia telah menggelar Formula E di sirkuit yang terletak di wilayah PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk (PJAA) atau Ancol, dengan Jakpro sebagai penyelenggara. Namun, Prasetyo menilai bahwa penyelenggaraan Formula E di sirkuit merupakan keputusan yang terpaksa karena sudah menghabiskan biaya yang cukup besar.

“Salah, itu dipaksakan karena sudah makan duitnya banyak,” jelasnya. Berdasarkan informasi, Jakpro saat ini sedang merancang gelaran Formula E 2024 di Jakarta. Advisor Formula E Jakarta, Irawan Sucahyono, menyatakan bahwa sudah ada beberapa persiapan yang dilakukan untuk pelaksanaan Formula E tahun depan, termasuk rencana untuk mengadakan balapan di malam hari.

PT Mitra Mortar indonesia

“Tahun depan, rencananya Formula E 2023 akan diselenggarakan pada malam hari. Kami sudah mengundang ahli penerangan dari Formula E dan Formula 1,” ungkap Irawan. Irawan juga menyebutkan bahwa persiapan lainnya terkait pelaksanaan Formula E tahun depan kemungkinan besar masih akan dilakukan di Ancol. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa balapan mobil listrik ini juga akan digelar di sirkuit jalanan, khususnya di Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat.

“Sebenarnya, sirkuit jalanan bisa di mana saja, tetapi Ancol adalah yang paling siap,” jelasnya.

Dengan mempertimbangkan lokasi balapan di sirkuit jalanan, Jakarta akan menjadi tuan rumah yang menarik bagi ajang Formula E. Selain memberikan hiburan bagi penggemar balap mobil, ini juga akan menjadi peluang besar bagi pariwisata dan promosi destinasi wisata Jakarta.

Dalam menghadapi pelaksanaan Formula E, pihak penyelenggara harus memastikan bahwa infrastruktur jalan yang dibutuhkan untuk sirkuit jalanan telah memenuhi standar keamanan dan keselamatan yang ditetapkan. Selain itu, perlu dilakukan kerjasama yang erat antara pemerintah daerah, pihak penyelenggara, dan berbagai pihak terkait untuk memastikan kelancaran dan suksesnya acara tersebut.

Diharapkan dengan pelaksanaan Formula E di Jakarta, akan meningkatkan citra dan reputasi kota ini sebagai tujuan utama dalam menggelar acara olahraga internasional. Selain itu, akan memberikan dampak ekonomi yang positif melalui peningkatan pariwisata, pertumbuhan bisnis, serta peningkatan lapangan kerja dalam sektor yang terkait dengan industri balap mobil.

Dengan persiapan yang matang dan dukungan yang kuat, Formula E di Jakarta akan menjadi acara yang tak terlupakan dan menarik minat masyarakat serta pengunjung dari seluruh dunia.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan