508,21 juta Rekening Dijamin LPS per Desember 2022

0
299
(Dok: Antara)
Pojok Bisnis

Jakarta – Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Purbaya Yudhi Sadewa menyebut LPS sudah menjamin simpanan 508,21 juta rekening nasabah per Desember 2022 atau setara 99,93 persen dari total rekening.

“Pada Januari 2023 LPS telah menetapkan untuk menaikkan Tingkat Bunga Penjaminan (TBP) bagi simpanan dalam rupiah di bank umum dan BPR masing-masing sebesar 25 bps menjadi 4,00 persen dan 6,50 persen,” katanya dalam konferensi pers Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) di Jakarta, Senin (30/1).

Sementara itu LPS menaikkan TBP bagi simpanan dalam valuta asing (valas) di Bank Umum naik sebesar 25 bps menjadi 2,00 persen, yang berlaku mulai 1 Februari hingga 31 Mei 2023.

Penyesuaian TBP tersebut ditetapkan dengan mempertimbangkan, beberapa hal, antara lain potensi kenaikan suku bunga perbankan domestik yang lebih tinggi dalam merespons kebijakan moneter bank sentral.

Top Mortar gak takut hujan reels

Selanjutnya TBP juga disesuaikan untuk memberikan ruang bagi perbankan dalam pengelolaan likuiditas di tengah masih relatif tingginya risiko volatilitas pasar keuangan, dengan tetap mendukung berjalannya fungsi intermediasi perbankan sebagai pilar utama pertumbuhan ekonomi.

“Penyesuaian TBP juga dilakukan untuk memperkuat sinergi dan arah kebijakan dengan otoritas di sektor keuangan domestik dalam menjaga momentum pemulihan ekonomi,” imbuhnya.

LPS, lanjutnya, akan terus berupaya mendukung pemulihan ekonomi dan menjaga stabilitas sistem keuangan, antara lain dengan memperkuat kebijakan cakupan penjaminan simpanan dari sisi batasan nominal yang sebesar Rp2 miliar dan TBP.

“LPS juga memastikan kesiapan mekanisme early involvement dalam resolusi bank pada saat diperlukan, serta melakukan evaluasi kelanjutan pelonggaran pengenaan denda premi penjaminan,” ucap Purboyo.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan