Pameran Penerbangan Skala Internasional akan Digelar di Bali

0
64
(Dok: Antara)
Semen Instan Serbaguna

Badung – Pameran produk dan teknologi penerbangan bertaraf internasional akan kembali digelar di Indonesia tepatnya di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, sekitar pertengahan September 2024 setelah sempat vakum selama lebih dari 20 tahun.

Kegiatan itu, yang dinamakan Bali International Airshow 2024, dimotori oleh PT Inaro Tujuh Belas bekerja sama dengan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI. PT Inaro Tujuh Belas merupakan event organizer (EO) yang dibentuk oleh perusahaan EO asal Prancis Comexposium bersama PT Amara Pameran Internasional (Holding), dan On Us Asia.

Presiden Direktur PT Inaro Tujuh Belas Andy Wismarsyah kepada media di Bali, Senin (5/12), menyampaikan pihaknya berharap Bali International Airshow 2024 dapat menjadi ajang pertemuan bagi pelaku industri aviasi dalam negeri dan luar negeri.

“Harapan kami, Bali International Airshow ini akan memberi kesempatan kepada pelaku bisnis aviasi mancanegara melihat potensi industri aviasi Indonesia, memberi kesempatan kepada mereka berinvestasi meningkatkan industri aviasi Indonesia, yang pada akhirnya akan mengangkat nama Indonesia di kancah pameran pameran industri penerbangan di dunia,” kata Andy.

Top Mortar Semen Instan

Ia lanjut menyampaikan pihaknya bakal berkonsultasi dan membangun komunikasi dengan berbagai pemangku kepentingan, termasuk ahli/pakar penerbangan. Pihak penyelenggara, Andy menambahkan, telah menunjuk pakar penerbangan Ilham Akbar Habibie sebagai penasihat (advisory board) Bali International Airshow 2024.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyambut baik rencana menggelar pameran penerbangan bertaraf internasional di Bali pada 2024.

Ia menyebutkan pameran industri penerbangan (airshow) skala dunia pernah diadakan di Indonesia dua kali, yaitu pada 1986 di Bandar Udara Kemayoran dan pada 1996 di Bandara Internasional Soekarno Hatta.

“Dua kali airshow (di Indonesia) kebetulan saya menyaksikan, termasuk yang terakhir pelaksanaannya di Soekarno Hatta sangat baik. Kita melihat keadaan ekonomi di Indonesia terus membaik, dan saya kira pertumbuhan ekonomi yang bagus ini menjadi momentum untuk Bali International Airshow,” kata Luhut saat acara peluncuran Bali International Airshow 2024 di Nusa Dua, Bali, Senin.

Ia pun mengingatkan penyelenggara bekerja sama dengan seluruh pemangku kepentingan khususnya Angkasa Pura agar kegiatan itu dapat berjalan sesuai rencana.

“Saya ingin mewaspadai traffic udara di Bali akan relatif padat. Jadi, harus dihitung pelaksanaannya nanti jangan sampai mengganggu kelancaran traffic udara di sini. Luas parking space yang menurut hemat saya pengalaman di Soekarno Hatta dan Singapura itu memerlukan persiapan parking space yang luas. Jadi, Angkasa Pura harus betul-betul menghitung. Jangan kita melakukan kegiatan yang nanti tidak produktif,” kata Luhut saat memberi arahan kepada penyelenggara.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan