Rumah Mocaf Indonesia Ekspor 45 Ton Mocaf ke Turki

0
25
(Dok; kemendag.go.id)
Semen Instan Serbaguna

Banjarnegara – Rumah Mocaf Indonesia di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah mengekspor tepung mocaf (modified cassava flour) sebanyak 45 ton ke Turki.

Mendag ZulkifliHasan melepas secara langsung ekspor mocaf produksi Rumah Mocaf Indonesia hari Jumat, (4/11) di Pendopo Dipayuda Adigraha, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

“Singkong merupakan salah satu produk perkebunan unggulan yang dihasilkan Kabupaten Banjarnegara yang dapat diolah menjadi produk bernilai tambah yaitu mocaf. Mocaf yang dihasilkan di Kabupaten Banjarnegara ini terbukti berkualitas tinggi dan berdaya saing sehingga mampu menembus pasar ekspor. Pelepasan ekspor mocaf ini merupakan yang keenam dan merupakan ekspor kedua ke Turki oleh Rumah Mocaf Indonesia. Mocaf ini berasal dari koperasi yang beranggotakan 650 orang petani Banjarnegara,” jelas Mendag Zulkifli Hasan.

Kabupaten Banjarnegara memiliki potensi unggulan pada sektor pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, dan pariwisata. Potensi unggulan tersebut kemudian diolah untuk meningkatkan nilai tambahnya, di antaranya pemanfaatan singkong menjadi tepung mocaf, pakan ternak, dan pupuk organik.

Top Mortar Semen Instan

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2021 tercatat produksi singkong di Kabupaten Banjarnegara sebanyak 1.796,2 ton.

“Tepung mocaf ini merupakan karya anak muda dari bahan baku singkong yang dapat menjadi substitusi tepung terigu. Ini sangat strategis, karena menyerap hasil pertanian rakyat dan bisa sedikit mengurangi impor gandum, serta memaksimalkan potensi daerah. Jadi, kita mesti dukung bersama,” imbuh Mendag Zulkifli Hasan.

Mendag Zulkifli Hasan juga menyampaikan usulan subsidi untuk harga tepung mocaf yang saat ini dalam bentuk curahnya Rp15.000/kg.

“Harga jualnya saat ini Rp15.000/kg karena produksinya masih sedikit. Nantinya mungkin bisa menjadi Rp12.000/kg. Sisanya sebesar Rp3.000/kg dapat disubsidi dari dana cadangan 2 persen sehingga tepung mocaf dapat bersaing harga dengan tepung terigu,” ungkap Mendag Zulkifli Hasan.

Pada Oktober 2022, Rumah Mocaf Indonesia mendapatkan penghargaan UKM Pangan Award 2022 untuk kategori Produk Makanan Camilan dengan produk Chocofine, Kukis Mocaf Rasa Cokelat.

“Kita berharap ke depannya, Rumah Mocaf Indonesia semakin berkomitmen untuk menggencarkan penggunaan mocaf sebagai substitusi tepung terigu dan semakin inovatif untuk mengembangkan produk-produk olahan mocaf,” ujar Mendag Zulkifli Hasan.

Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Perdagangan akan terus mendukung peningkatan penggunaan dan pemasaran produk dalam negeri khususnya dari para pelakuusaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

“Kami juga akan memfasilitasipengenalan produk-produk unggulan dalam negeri di pasar global melalui perwakilan perdagangan kami yang ada di luar negeri, baik atase perdagangan maupun Indonesia Trade Promotion Center (ITPC),” ujar Mendag Zulkifli Hasan.

Pada acara tersebut, dilakukan juga Pencatatan Pemecahan Rekor MURI Penyajian Kukis Mocaf Terbanyak yaitu 20.000 keping.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan