Konferensi Ekonomi Kreatif 2022 Hadirkan Bali Roadmap

0
39
(Dok: kemenparekraf.go.id)
Semen Instan Serbaguna

Bali – Hari kedua penyelenggaraan Konferensi Ekonomi Kreatif Dunia atau World Conference on Creative Economy (WCCE) 2022, peserta merumuskan ‘Bali Creative Economy Roadmap’. Kemudian konferensi hari itu ditutup dengan jamuan makan malam (gala dinner).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno berharap acara Gala Dinner WCCE 2022 bisa dinikmati oleh peserta konferensi setelah seharian berkonsentrasi merumuskan Bali Roadmap.

“Semoga semua yang hadir dapat menikmati suguhan yang kami berikan setelah seharian penuh berkonferensi untuk menghadirkan ‘Bali Creative Economy Roadmap’,” kata Menparekraf Sandiaga Uno di Bali International Convention Center (BICC), Nusa Dua, Kabupaten Badung, Kamis (6/10).

Menparekraf Sandiaga sebelumnya menjelaskan, Bali Roadmap merupakan dokumen yang disepakati oleh para delegasi WCCE sebagai peta jalan untuk kebangkitan ekonomi di mana sektor ekonomi kreatif menjadi tulang punggung kebangkitan ekonomi global.

Top Mortar Semen Instan

Bali Road Map berisikan beberapa poin yaitu terkait bagaimana memainstreamkan ekonomi kreatif dalam ekonomi dunia termasuk transformasi dari pelaku usaha informal ke usaha yang formal. Kemudian terdapat poin terkait akses pembiayaan yang membuka jalan bagi para pelaku ekraf agar bisa mendapatkan akses pembiayaan lebih luas.

Kemudian ada poin pemasaran terkait upaya para pelaku ekraf agar mampu beradaptasi menggunakan digital di sisi pemasarannya. Dan poin paling penting di bidang ekonomi kreatif adalah intellectual property (IP) dimana perlindungan kekayaan intelektualnya bisa digunakan untuk memajukan dan menjadi akses pembiayaan pelaku ekonomi kreatif.

Menparekraf berharap Bali Roadmap menjadi satu dokumen yang diadopsi dan memberikan kontribusi mengenai kebijakan-kebijakan tentang ekonomi kreatif di seluruh dunia.

Tidak hanya menikmati makan malam, para delegasi dan tamu WCCE 2022 juga disuguhi fashion show dari Global Muslim Fashion Week yang menghadirkan deretan koleksi dari sejumlah jenama tanah air.

Selain suguhan dari Global Muslim Fashion Week, para delegasi juga diberi sajian berupa keindahan Batik Pamekasan dan suguhan musik dari musisi asal Bali, Balawan.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan