Penurunan Pariwisata Akibat Pandemi Berdampak Besar Terhadap Ekonomi Masyarakat Bali

0
13
(Dok: dpr.go.id)

Anggota Komisi VI DPR RI Putu Supadma Rudana menjelaskan pandemi Covid-19 menyebabkan penurunan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Bali. Hal ini berdampak sangat besar terhadap ekonomi masyarakat.

Menurut politisi dari daerah pemilihan Bali ini, kondisi masyarakat di destinasi wisata utama Indonesia tersebut sangat mengalami pukulan telak dari sisi ekonomi.

“Karena itu, saya tidak mau masyarakat bali diberikan janji palsu. Tapi harus diberikan bantuan konkrit dari pemerintah atau kementerian/Lembaga untuk hadir membantu. Karena pukulan telaknya ekonomi di Bali begitu besar dan begitu berdampak ke masyarakat,” jelas Putu dalam Rapat Paripurna Pembukaan Masa Sidang V Tahun Sidang 2020-2021 di Ruang Paripurna DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (6/5/2021).

Putu menambahkan penurunan ekonomi tersebut tidak hanya dirasakan bagi pelaku ekonomi pariwisata, tapi kepada pelaku UMKM, pengusaha restoran dan hotel. “Tentu kami ingin mendengar Pimpinan DPR langsung memberikan masukan kepada Presiden, agar memberikan bantuan konkrit segera dan nyata karena memang sudah tahapannya sangat sulit dan dampaknya begitu mendalam bagi kita masyarakat di bali,” harap Putu.

Diketahui, berdasarkan laporan dari Badan Pusat Statistik (BPS), pertumbuhan ekonomi Bali selama kuartal I Tahun 2021 tercatat terkontraksi minus 9,85 persen dibandingkan periode sama tahun lalu (year on year/YoY). Sementara itu, jika dibandingkan dengan periode sebelumnya atau pada kuartal IV/2020 (quarter to quarter/QtQ), pertumbuhan ekonomi Bali juga tercatat minus 5,24 persen.