Paris Geser London Sebagai Kota di Eropa yang Paling Diminati Investor

0
407
Menara Eiffel di Paris, Prancis. (pexels.com/@eugene-dorosh)

Berempat.com – Paris dikabarkan mampu menggeser London sebagai kota di Eropa yang paling diminati investor. Mulai ditinggalkannya London oleh investor karena kekhawatiran Brexit yang mulai mencemari ibu kota Inggris tersebut.

Menurut laporan Ernst & Young yang dikutip Bloomberg, Senin (11/8/2018), Paris menduduki peringkat pertama untuk investasi asing langsung (Foreign Direct Investment/FDI) oleh 37% bisnis.

Kepergian Inggris dari Uni Eropa dan pemilihan Presiden Prancis Emmanuel Macron menjadi alasan mengapa Paris mengalahkan London untuk pertama kalinya sejak survei EY dimulai pada tahun 2003 silam. London sendiri menempati posisi kedua, diikuti oleh Berlin dan Frankfurt.

Berdasarkan hasil survei terhadap 502 perusahaan dan data dari EY serta International Business Machines Corp tersebut menunjukkan FDI di Eropa tumbuh 10% tahun lalu, terendah sejak 2013. Sementara Inggris menduduki puncak dengan 1.205 dari 6.653 proyek FDI baru, jumlahnya hanya 6% lebih tinggi dari tahun 2016, yang berarti menunjukkan perlambatan pertumbuhan.

Sementara itu, Prancis memenangkan 31% lebih banyak investasi asing langsung pada 2017 dan proyek di Turki meningkat 6%.

“Kami telah bekerja tanpa lelah untuk membuat London keluar dari kesibukan di tahun 90-an dan masuk ke posisi teratas sebagai kota terbaik di dunia untuk bisnis,” ungkap CEO London First Jasmine Whitbread seperti dikutip dari Bloomberg.

“Ini menjadi seruan bagi kita semua untuk melipatgandakan upaya kita dan menjaga modal kita di puncak tangga investasi global,” imbuhnya.

Menurut laporan tersebut, Brexit menjadi salah satu dari empat risiko utama yang mempengaruhi sentimen investor di Eropa pada tahun 2018. Kekhawatiran terbesar adalah ketidakstabilan geopolitik, seperti tarif impor baja dan aluminium yang dikenakan AS baru-baru ini, serta meningkatnya tren populis. Inggris, Jerman, dan Perancis adalah negara paling menarik secara keseluruhan untuk investasi asing.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.