Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) Meraih Juara dalam Kompetisi Konstruksi Internasional

0
431
Universitas Indonesia
Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) Meraih Juara dalam Kompetisi Konstruksi Internasional
Pojok Bisnis

Tim Askara Victoria, sebuah kelompok mahasiswa dari Fakultas Teknik, Universitas Indonesia (FTUI), berhasil meraih prestasi di ajang The Chartered Institute of Building (CIOB) Global Student Challenge 2023 dan menjadi Juara Utama untuk kelima kalinya sejak tahun 2019.

“CIOB Global Student Challenge 2023 adalah kompetisi yang mengevaluasi biaya dan durasi proyek, dokumen teknis pendukung, dan penciptaan nilai. Tim mahasiswa kita berhasil diakui karena kemampuannya menghasilkan sistem konstruksi yang cerdas, efisien, dan berkelanjutan,” kata Profesor Mohammed Ali Berawi, dosen di Departemen Teknik Sipil, FTUI.

Selain menciptakan nilai tambah, tim Askara Victoria juga menerapkan metode konstruksi ramping (lean construction) untuk memaksimalkan pengurangan limbah, dengan pendekatan rendah karbon sambil mempertimbangkan aspek komersial, teknis, dan keberlanjutan.

Acara global ini yang berkaitan dengan manajemen konstruksi diselenggarakan setiap tahun oleh CIOB. Tim dari Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan (DTSL) FTUI berhasil mengungguli sembilan finalis lainnya dari berbagai negara. Sebagai juara, tim Askara Victoria diundang untuk mengikuti CIOB Member’s Forum dan mempresentasikan Universitas Indonesia Learning Hub pada Juni 2023 di Liverpool, Inggris Raya.

PT Mitra Mortar indonesia

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kompetisi kali ini memberikan studi kasus di mana peserta harus menghadapi skenario di mana seorang alumni ingin memberikan dana untuk pengembangan fasilitas di kampus peserta. Namun, alumni tersebut menginginkan fasilitas tersebut mencapai keseimbangan antara kebutuhan teknis, lingkungan, dan sosial.

Untuk menjawab tantangan ini, tim Askara Victoria yang terdiri dari Juan Fidel Ferdani, Nada Laili Nurfadhilah, Elgrytha Victoria Tybeyuliana, dan Evan Ariel Christoper mengusulkan gagasan solutif dan inovatif bernama Universitas Indonesia Learning Hub, sebuah fasilitas belajar yang ramah lingkungan dengan mengadopsi desain bangunan hijau (green building) dan bangunan pintar (smart building).

Profesor Mohammed Ali Berawi membimbing tim dalam mengembangkan rincian manajemen proyek untuk gagasan mereka, dengan memanfaatkan metode konstruksi yang dapat mengurangi limbah dan meningkatkan nilai bagi pelanggan dengan mengadopsi berbagai inovasi Konstruksi 4.0.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan