Panglima TNI Hadiri Pameran Alutsista Eurosatory

(Dok: tangkapan layar kanal YouTube Jenderal TNI Andika Perkasa)

Jakarta – Panglima TNI, Jenderal TNI Andika Perkasa dalam kunjungan kerjanya ke Perancis berkesempatan untuk mengunjungi pameran khusus industri persenjataan internasional Eurosatory yang digelar di Paris-Nord Villepinte Exhibition Centre, Paris.

Menurut Panglima TNI ini, pameran Eurosatory bisa menjadi referensi untuk alat utama sistem senjata TNI.

“Eurosatory merupakan ajang untuk mengenalkan inovasi teknologi di bidang pertahanan dan keamanan yang mungkin bisa menjadi referensi untuk alutsista TNI,” kata dia, yang dikutip dari kanal YouTube, dipantau di Jakarta, Jumat(16/9).

Eurosatory diselenggarakan setiap dua tahun sekali oleh Organisasi Penyelenggara Pameran atau COGES dalam kemitraan dengan Kementerian Pertahanan Prancis.

Dalam kunjungan kerja ke Prancis, dia berkesempatan mengunjungi Eurosatory yang digelar di Paris-Nord Villepinte Exhibition Centre, Paris.

Eurosatory pada 2022 merupakan pameran ke-27 yang melibatkan lebih dari 1.800 peserta dari 63 negara yang mayoritas persenjataan untuk matra darat. Pameran ini dikunjungi lebih dari 57.000 pengunjung.

Ia mendatangi beberapa stan pameran, seperti Airbus yang merupakan perusahaan industri pertahanan Prancis dengan produk pesawat terbang dan sistem-sistem terkait.

Selain itu, dia juga mengunjungi stan John Cockerill Defense France yang merupakan perusahaan industri pertahanan Prancis yang merancang, membangun, dan mengintegrasikan meriam dengan laras berkaliber 25 mm hingga 120 mm.

“Saya sangat tertarik untuk mendapatkan informasi lebih soal John Cockerill karena Indonesia juga punya industri pertahanan lokal PT Pindad. Saat menjadi Kepala Staf Angkatan Darat, saya menjadi bagian dari PT Pindad, jadi saya tahu mereka (PT Pindad) menggunakan ini,” kata dia.

Selanjutnya, dia juga mengunjungi stan Nexter, MBDA, dan juga Thales.

Pada kesempatan itu, dia juga memberikan perhatian khusus terhadap bidang command and control room display di stan Thales. Thales merupakan perusahaan sistem pertahanan dari Prancis yang merancang dan membuat sistem elektrik penyedia dukungan kedirgantaraan dan ruang angkasa, pertahanan, dan keamanan.