Dorong Digitalisasi, Menparekraf Ajak UMKM Berau Berkreasi di Media Sosial

0
175
Dorong Digitalisasi, Menparekraf Ajak UMKM Berau Berkreasi di Media Sosial
Dorong Digitalisasi, Menparekraf Ajak UMKM Berau Berkreasi di Media Sosial (Dok Foto: Kemenparekraf)
Pojok Bisnis

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sekaligus Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, terus mendorong para pelaku UMKM dan ekonomi kreatif di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, untuk lebih memaksimalkan penggunaan platform media sosial dalam memasarkan produk mereka. Inisiatif ini diharapkan dapat memperkuat pertumbuhan ekonomi setempat serta membuka lebih banyak lapangan pekerjaan.

Potensi Ekonomi Kreatif di Berau

Usai meninjau Mini Expo UMKM di Kabupaten Berau yang diadakan di Kediaman Bupati Berau pada Rabu (3/7/2024), Sandiaga mengapresiasi kualitas dari 23 produk ekonomi kreatif yang dipamerkan. Produk-produk tersebut mencakup berbagai sektor mulai dari kuliner, kriya, hingga fesyen. Namun, Sandiaga menekankan bahwa perkembangan ekonomi saat ini telah memasuki era digital, sehingga diperlukan peningkatan dalam cara memasarkan produk-produk tersebut.

“Saya melihat beberapa pelaku UMKM sudah menggunakan Instagram, tetapi kita perlu lebih banyak memanfaatkan berbagai alat lain seperti TikTok dan YouTube untuk memasarkan produk UMKM dengan konten yang menarik dan kreatif,” ujar Sandiaga.

Pentingnya Media Sosial dalam Pemasaran

Sandiaga percaya bahwa media sosial dapat memberikan dampak signifikan dalam meningkatkan daya saing serta memperluas akses pasar bagi produk-produk ekonomi kreatif di Berau. Ia juga mendorong para pelaku ekonomi kreatif untuk berpartisipasi dalam berbagai program pendampingan, pelatihan, dan permodalan yang diinisiasi oleh Kemenparekraf. Program-program seperti Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) dan Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif telah menjadi program unggulan yang dirancang untuk mendukung pengembangan ekonomi kreatif di seluruh Indonesia.

PT Mitra Mortar indonesia

“Kami memiliki berbagai program ini, dan saya mengajak Ibu Bupati untuk memfasilitasi UMKM di Berau agar mereka bisa mendapatkan peningkatan melalui pelatihan-pelatihan yang kami sediakan,” kata Sandiaga.

Meningkatkan Branding dan Keberlanjutan

Dalam kesempatan tersebut, Sandiaga juga menyoroti pentingnya memperkuat branding “Lovely Berau”. Menurutnya, upaya untuk meningkatkan kualitas dan aspek keberlanjutan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Berau harus terus dilakukan. Konsep ekonomi hijau, yang menekankan pada keberlanjutan lingkungan, diharapkan menjadi landasan utama dalam pengembangan kesejahteraan masyarakat di daerah tersebut.

“Saya mengajak masyarakat untuk bangga dengan branding Lovely Berau dan terus meningkatkan pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan, serta mengembangkan ekonomi kreatif yang inklusif. Ekonomi kreatif adalah lokomotif bagi pembangunan kita ke depan dan merupakan masa depan ekonomi Indonesia,” ujar Sandiaga.

Dengan dorongan kuat dari Menparekraf Sandiaga Uno, diharapkan pelaku ekonomi kreatif di Berau dapat lebih proaktif dalam memanfaatkan peluang yang ada, termasuk dalam hal penggunaan media sosial dan partisipasi dalam program-program pemerintah. Langkah ini diharapkan dapat membawa manfaat besar bagi perekonomian lokal dan nasional, serta menciptakan lebih banyak lapangan kerja bagi masyarakat.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan