Transformasi Digital UMKM: Telkom dan KADIN Sepakat Kerja Sama untuk Pertumbuhan Ekonomi

0
349
Transformasi Digital UMKM
Transformasi Digital UMKM: Telkom dan KADIN Sepakat Kerja Sama untuk Pertumbuhan Ekonomi
Pojok Bisnis

Dalam langkah strategis untuk mendorong pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk telah mengikatkan diri melalui Memorandum of Understanding (MoU) dengan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) yang fokus pada Transformasi Digital UMKM.

Kerja sama ini menandai upaya sinergi antara Telkom dan KADIN dalam mewujudkan transformasi digital yang kokoh bagi sektor UMKM.

MoU ini ditandatangani oleh EVP Digital Business and Technology Telkom, Komang Budi Aryasa, dan Wakil Ketua Umum KADIN Wilayah Sulawesi, Kukrit Suryo Wicaksono, menunjukkan komitmen keduanya untuk mendukung pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia.

Salah satu poin penting dalam kolaborasi ini adalah pengembangan platform PaDi UMKM, sebuah solusi digital yang akan memberikan peluang bagi UMKM untuk memasarkan produk dan jasa mereka secara online.

PT Mitra Mortar indonesia

PaDi UMKM, sebagai produk digital Leap-Telkom Digital (Leap), menjadi wadah bagi UMKM anggota KADIN untuk bertransformasi digital dan mengakses pasar yang lebih luas.

Komang Budi Aryasa mengungkapkan, “MoU ini membuka jalan bagi UMKM anggota KADIN untuk semakin digital sehingga dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Serta menjadi solusi agar para UMKM dapat melakukan transaksi dengan berbagai BUMN maupun perusahaan-perusahaan luar BUMN yang terdaftar di PaDi UMKM.”

Akses Berbagai Fitur dan Layanan

Melalui platform PaDi UMKM, UMKM yang tergabung dalam jaringan KADIN akan mendapatkan akses ke berbagai fitur dan layanan yang mendukung pengembangan bisnis mereka.

CEO PaDi UMKM, Jimmy Karisma, optimistis bahwa langkah ini akan memberikan dukungan yang penting bagi UMKM dalam mengembangkan usaha mereka.

“PaDi UMKM memudahkan BUMN dan perusahaan luar BUMN untuk memenuhi kebutuhan pengadaan barang dan jasa,” ujar Jimmy. “Para pelaku UMKM yang memiliki produk dan jasa berkualitas juga lebih mudah dan efektif dalam memasarkan produknya melalui pemanfaatan teknologi.”

Kolaborasi antara Telkom dan KADIN ini tidak hanya berfokus pada digitalisasi UMKM, tetapi juga memiliki dampak yang lebih luas terhadap perekonomian Indonesia secara keseluruhan.

Transformasi digital di sektor UMKM memiliki potensi besar untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan menciptakan ekosistem digital yang kokoh di Indonesia.

Dengan langkah-langkah konkret seperti MoU ini, diharapkan bahwa upaya bersama ini akan semakin mempercepat transformasi digital di kalangan UMKM, membantu mereka naik kelas dan menjadi bagian integral dari ekosistem digital yang sedang berkembang di Indonesia.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan